Kacamata Canggih Untuk Tuna Netra

 

Matamatanews.com-JAKARTASebuah inovasi sedang dikembangkan oleh Parsee,yaitu tekhnologi yang dapat membantu para penderita tuna netra,berupa kacamata pintar yang nantinya bisa membantu penggunannya untuk mengetahui apa yang mereka lihat. Inovasi yang dikembangkan Parsee ini merupakan inovasi 3D yang diaplikasikan lewat kacamata,terdiri dari frame,kamera dan earphone yang telah dimodifikasi untuk membantu kehidupan para tuna netra agar dapat mengetahu apa yang sedang mereka sentuh dan mereka lihat.

 “Cara kerjanya adalah pengguna tinggal menekan tombol frame pada kacamata, lalu kamera akan mengambil okjek yang sedang dilihat oleh pengguna. Setelah itu diproses oleh aplikasi, aplikasi ini akan mengidentifikasi bentuk,warna,teks bahkan wajah. Setelah itu diproses oleh earphone untuk memberitahu informasi yang telah dilihatnya,”kata manager projek Parsee,Bartosz Trzcinski.

“Ketika saya mengambil sesuatu di kulkas,pandangan saya kabur (tidak jelas). Dengan alat ini ,membantu saya untuk mengenali sesuatu yang saya ambil bahkan dapat membaca tulisan yang terdapat  di barang yang saya ambil. Alat ini juga membantu saya untuk mengenali wajah teman-tema saya,” jelas Teresa Lapa ,salah seorang pengguna prototype ini.

Untuk menyempurnakan dan mengembangkan  kacamata pintarnya ini,Parsee  berusaha membuatnya seramping mungkin  hingga bisa diterima pasar. Selain itu, parsee juga berusaha menekan biaya produksi kacamata agar bisa dijangkau para calon penggunanya.Dan dalam tahap awal ini, rencananya Parsee akan memproduksi dalam jumlah cukup banyak. Siapa mau pesan? (Andro dwi Putranto)

 

 

sam

No comment

Leave a Response