Juni Mendatang Australian Associated Press Resmi Ditutup

 

Matamatanews.com, SIDNEY—Bila tidak ada aral melintang Kantor berita Australian Associated Press (AAP) yang selama ini menyediakan laporan teks, gambar dan video berita, olahraga dan berita keuangan  ke 200 koran,lembaga serta website akan menghentikan seluruh aktivitas jurnalistiknya. Seperti dikabarkan BBC pada hari Selasa (3/3/2020) ada sekitar 180 staf akan kehilangan pekerjaan akibat penutupan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang diumumkan pimpinan eksekutif Bruce Davidson, bahwa penutupan APP dilakukan karena menurunnya pelanggan dan derasnya daya saing dari berbagai media online gratis hingga membuat bisnis mereka tidak lagi berkembang.Para staff diberitahu bahwa mereka akan kehilangan pekerjaan pada  bulan Juni mendatang.

“Keputusan ini dibuat dengan hati yang sangat berat. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan ekonomi dan keuangan.”

“Hari yang paling menyedihkan: AAP ditutup setelah 85 tahun keunggulan dalam jurnalisme. Keluarga AAP akan sangat dirindukan,” kata Pemimpin Redaksi AAP, Tony Gillies dalam sebuah tweet.

Lebih dari 170 wartawan AAP akan berhenti beroperasi pada 26 Juni mendatang. Layanan produksi editorial, Pagemasters, juga akan ditutup pada akhir Agustus, kata perusahaan itu.

"Dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya dari platform digital yang mengambil konten orang lain dan mendistribusikannya secara gratis telah menyebabkan perusahaan memilih untuk tidak lagi menggunakan layanan profesional AAP," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami telah mencapai titik di mana tidak lagi layak untuk melanjutkan."

Meski Australian Associated Press akan tutup pada bulan Juni mendatang, namun bisnis subediting Pagemasters-nya akan tutup pada bulan Agustus mendatang.(bar/berbagai sumber)

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response