Jordania Mulai Berlakukan Penguncian Ke Seluruh Wilayah

 

Matamatanews.com, AMMAN—Dalam upaya memerangi dan mengurangi penyebaran virus corona mulai Sabtu (21/3/2020) ini pemerintah Jordania dikabarkan akan memberlakukan penguncian atau lockdown ke seluruh wilayahnya, dan melarang orang untuk melakukan perjalanan kecuali dalam keadaan darurat. Peraturan tersebut berlaku efektif  mulai pukul 07.00 waktu setempat atau 05.00 GMT pada hari Sabtu, juru bicara pemerintah, Amjad Al-Adailah seperti dikutip Arab News dari Kantor Berita Reuters.

Raja Abdullah telah memberi wewenang penuh kepada pemerintah  untuk memberlakukan jam malam dengan menerjunkan tentara untuk mengambil tindakan tegas terhadap masyarakat yang melanggar kebebasan sipil maupun politik.

Perdana Menteri Omar Razzaz menyarankan pemerintah untuk mengumumkan jam malam karena banyaknya laporan yang menyatakan bahwa masyarakat tidak mengindahkan seruan pemerintah yang meminta untuk tidak melakukan aktivitas publi kacuali darurat.

Sejak Kamis (18/3/2020) lalu tentara Yordania telah mengisolasi ibukota dan seluruh daerah lainnya sehingga sebanyak 10 juta orang tidak bisa melakukan aktivitas diruang publik agar virus corona  tidak menyebar.

Seperti diketahui Yordania memiliki 69 kasus virus corona yang terkonfirmasi sehingga dikhawatirkan angka tersebut akan meningkat dan menyebar , maka diambil langkah pemberlakuan lockdown disemua  negeri. Bahkan, kini Yordania telah menutup penyeberangan perbatasan darat dan laut dengan Suriah, Irak, Mesir, dan Israel, termasuk menangguhkan seluruh penerbangan baik yang masuk maupun keluar sejak Selasa (16/3/2020) lalu. (samar)

redaksi

No comment

Leave a Response