Jet-Jet Tempur Suriah Hancur Akibat Rudal AS

 

Matamatanews.com, SURIAH – Sedikitnya sembilan jet temput milik Suriah serta amunisi dan tangki bahan bakar hancur lebur akibat serangan rudal Tomahawk milik AS yang menghantam pangkalan udara Shayrat di Homs pada hari Jumat (7/4/2017).

Berdasarkan laporan dari stasiun televisi Rossiya24, “Namun tidak semua peralatan hancur, sebagian peralatan tidak terkena dampak serangan sama sekali termasuk landasan pacu”.

Dalam siarannya, Rossiya24 memperlihatkan landasan pacu di pangkalan tersebut diselimuti debu dan tertimbun reruntuhan akibat serang rudal, termasuk dua pesawat yang selamat di dalam hangar.

Seperti yang dilansir Reuters, sumber militer Suriah mengatakan bahwa mereka mengalami kehilangan akibat serangan tersebut. selain itu, Gubernur Provinsi Homs Talal Barazi mengatakan bahwa pangkalan udara tersebut mengalami kerusakan yang banyak namun untuk korban jiwa hanya sedikit.

Sementara itu, pada kamis (6/7/2017) malam waktu setempat juru bicara Pentagon, Jeff Davis mengatakan,”Kami terus memantau hasil serangan, pada pengamatan awal serangan ini telah menyebabkan kerusakan yang besar dan menghancurkan jet-jet tempur Suriah serta infrastruktur pendukungnya yang berada di pangkalan udara Shayrat”.

Serangan tersebut mendapatkan kecaman dari Moskow yang mengatakan serangan tersebut sebagai tindakan yang ceroboh dan sebagai tindakan agresi terhadap negara yang berdaulat serta mencoreng hukum internasional. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response