Jepang Surganya Vending Machine

 

Matamatanews.Com,JAKARTA— Jepang yang merupakan salah satu pusat Destinasi Favorit Wisatawan terutama dari Indonesia, mendapat sebutan baru dari para traveler,yaitu sebagai Surganya Vending Machine atau Mesin Penjual Otomatis. Hal ini terjadi Karena di setiap sudut jalan di kota Jepang  terdapat Vending Machine yang menyediakan banyak pilihan mulai dari yang biasa sampai yang unik-unik, seperti makanan,minuman, payung, buah, telur, beras, barang bekas, mainan dan lainnya hingga membuat para traveller terheran-heran.

Diperkirakan lebih dari 5 juta unit Vending Machine yang tersebar di Seluruh Jepang, dan tiap mesin yang beredar bisa menghasilkan hingga $15.000 dolar atau setara dengan 210.000.000(@14.000) juta rupiah perbulannya.  Sehingga tentu saja Vending Machine menjadi salah satu pilihan bisnis yang cukup menguntungkan bagi pelaku bisnis dan kesemuanya didukung penuh  Pemerintah.

Setiap mesin terkoneksi langsung dengan kantor kepolisian terdekat sehingga jika ada yang ingin merusak mesin , petugas kepolisian akan segera menuju kelokasi. Dengan begitu keamanan vending machine ini sangat terjaga dari kejahatan.

Bahkan kini para penduduk Jepang lebih mengandalkan Vending Machine untuk membeli kebutuhan sehari-hari ,karena menurut mereka harga Vending Machine selain lebih murah juga dapat menyajikan berbagai kebutuhan yang yang dibutuhkan.

Meski Indonesia sendiri vending machine mulai ada,seperti di stasiun, Bandara maupun  terminal, namun belum menjadi  pilihan seperti di Jepang. Selain masih sulitnya untuk mendapatkan uang logam untuk bertransaksi, harga yang ditertera di vending machine tersebut masih tergolong mahal. Kedepannya diharapkan pemerintah dapat mendukung Vending Machine ini agar lebih terjangkau dan terkoneksi dengan sistem pembayaran elektronik sehingga masyarakat dapat menggunakannya lebih mudah dan efisien. (Andro DP/berbagai sumber)

 

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response