Jantung Sehat Berkat Buah “Naga”

 

Matamatanews.com, BOGOR— Seringkali kita mendengar kematian akibat serangan jantung, penyakit ini disebabkan oleh terhimpitnya saluran darah oleh lemak dalam arteri atau aterosklerosis. Orang yang menderita angina lebih rentan terkena serangan jantung, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung seperti kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit diabetes, dan pola hidup yang tidak baik.

Nah, saat ini para peneliti menyatakan ada buah yang dapat mengurangi gejala serangan jantung yaitu “Buah Naga”. Buah yang tumbuh dari sebuah tanaman seperti kaktus ini, tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Memiliki sisik seperti seekor naga membuat buah yang mempunyai nama asli “PITAYA” ini mendapat julukan buah naga. Buahnya berwarna merah dengan daging buah berwana putih atau merah kehitaman, dan memiliki biji berwarna hitam.

Dibalik penampilannya yang agak aneh tersebut, namun buah naga ini mempunyai manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses pencernaan, menurunkan kadar gula darah, mencegah terbentuknya sel kanker, sebagai anti oksidan dan membantu mengatur kadar kolesterol. Selain itu buah naga juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan penglihatan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan daya ingat.

Manfaat yang paling besar dari buah naga adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat, dan kemungkinan terjadi penumpukan plak di arteri. Kandungan positif dari buah naga ini bisa mengaktifkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang mampu menurunkan kolesterol LDL(kolesterol buruk) dengan mengurangi reseptor yang ada di dinding arteri.

Menurut sebuah studi yang di terbitkan dalam jurnal Farmakognisi, para peneliti menemuan bahwa dengan mengkonsumsi buah naga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Karena buah naga mempunyai kandungan lemak monosaturade yang membantu menjaga hati kita dalam keaadan baik. Selain itu, buah naga bisa menurunkan tingkat stress yang tinggi oksidasi, yang merupakan salah satu faktor utama penyakit jantung.

Untuk menikmati buah naga, selain dapat di konsumsi secara langsung, buah naga juga bisa di buat jus, dan bisa di campurkan dengan buah-buahan lain untuk menambah cita rasanya, setelah mengetahui manfaat buah naga ini, jangan lupa selalu sediakan buah naga dirumah, selain cantik untuk menghias rumah. Manfaatnya pun tidak kalah penting untuk tubuh. (Did)

sam

No comment

Leave a Response