James Mattis Tak Setuju AS Tarik Dukungan Militer di Yaman

 

Matamatanews.com, WASHINGTON—Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis mengatakan bahwa menarik dukungan militer Amerika di yaman dan penjualan senjata kepada para mitra akan salah. Pernyataan tersebut dilontarkan Mattis dalam pertemuannya dengan para senator Amerika Serikat dalam briefing tertutup di GedungCapitol Hill pada Rabu (28/11/2018) kemarin, waktu setempat.

Kepentingan Amerika kata Mattis adalah untuk mengakhiri perang saudara dan melawan pengaruh Iran serta melindungi penduduk sipil Arab Saudi dari serangan roket Houthi yang dipasok Iran. “Penarikan dukungan militer yang terbatas akan semakin menghilangkan alasan bagi koalisi Arab untuk menahan operasi mereka terhadap pelabuhan Hodeidah. Secara bersama-sama, keterlepasan kita dan hilangnya pengaruh  yang dihasilkan akan memiliki pengaruh yang berlawanan untuk mengurangi krisis kemanusiaan,” kata Mattis

Mattis memperingatkan para senator bahwa Amerika Serikat butuh “waktu lama untuk sampai disini” dan perubahan pendekatan Amerika untuk melawan upaya utusan khusus PBB Martin Griffiths akan menemui titik kehidupan baru dalam operasi tempur Houthis, “tepat disaat mereka tidak ingin terlibat  dengan lawan bicara PBB,” katanya. (bar)

sam

No comment

Leave a Response