Jalan Menuju Candi Longsor Warga Dua RT Terisolir

 

Matamatanews.com, BREBES SELATAN—Hujan cukup deras mengguyur wilayah Brebes Selatan membuat jalan penghubung antar pedukuhan di desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes longsor pada Rabu (29/1/2020) petang lalu.

Setengah ruas jalan aspal sudah tergerus longsor. Akibatnya aktivitas warga di dua RT terganggu bahkan terisolir mengingat kendaraan roda empat maupun roda dua belum bisa melintas jalan yang juga menuju ke arah Candi Gagang Golok

Menurut Busro salah satu tokoh pemuda setempat sebelum longsor, hujan lebat mengguyur wilayah tersebut  sejak pukul 18.00 WIB – 19.00 WIB.

" Nah sekitar pukul tujuh lebih mulai terjadi longsor dijalan penghubung antara Desa Galuhtimur dengan Dukuh Kalipucung, Desa Tonjong. Dengan panjang longsoran  sekitar 15 meter, tinggi 6 meter ketebalan dua meter " terang Busro.

Pihaknya bersama masyarakat , telah berupaya menyingkirkan material longsor namun belum bisa mengatasi kondisi jalan yang sudah rusak parah.

"Hari ini Kamis (30/1/2020) kami kerja bakti membuka jalur baru karena jalur lama kondisi longsornya parah kedalamannya hingga dua meter menyulitkan kami " ungkap Busro.

Warga di dua RT untuk sementara harus memutar jauh melewati jembatan kereta api apabila hendak bepergian ke pusat Pemerintahan Desa.

Jalan yang terkena longsor merupakan jalan menuju tempat penemuan Candi Gagang Golok Diseputar candi rencana tersebut akan dibangun Museum dan Bupati beserta rombongan pada pagi hari sebelum longsor sempat meninjau lokasi pembangunan Museum Buton( Purwanto)

 

redaksi

No comment

Leave a Response