Jaksa Agung : “Penegakan Hukum Tidak Semata-Mata Bersifat Represif dan Retributif”

Upacara dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-57 dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ke-17 tahun 2017 yang berlangsung di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Banyumas, Sabtu pagi (22/7/2017), dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banyumas, Dian Frist Nalle, SH, selaku Inspektur Upacara.

Matamatanews.com, BANYUMAS – Upacara kebesaran HBA ke-57 yang merupakan hari yang bersejarah bagi Corp Adhyaksa bertemakan “ SATU TUJUAN, SATU SIKAP, SATU HATI UNTUK NEGERI” tersebut diikuti oleh segenap jajaran pegawai Kejaksaan Negeri Banyumas. Seusai upacara dilanjutkan dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Nirwana, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Dilanjut dengan acara Tasyakuran di kantor Kejari Banyumas.

Sambutan tertulis Jaksa Agung R.I, H.M. Prasetyo yang dibacakan Kepala Kejaksaan Negeri Banyumas, Dian Frist Nalle, SH mengatakan, “Penegakan hukum tidak semata-mata bersifat represif dan retributif yang lebih dimaksudkan untuk memidanakan pelakunya saja, melainkan harus pula memberikan manfaat besar lain bagi kesejahteraan masyarakat dengan bertolak pada paradigma restoratif, korektif dan rehabilitatif. Sebagai penegak hukum, tentunya kita tidak saja harus mampu melakukan penindakan terhadap pelaku kejahatan, tetapi tidak kalah penting dari itu adalah harus mampu mencegah agar sebuah kejahatan tidak terjadi, dan penyimpangan tidak dilakukan. Salah satu tantangan dalam penegakan hukum khususnya pemberantasan tindak pidana korupsi, yakni terkait adanya perubahan regulasi serta berbagai varian dan norma hukum baru yang lebih memberi perlindungan dan terkesan berlebihan mengedepankan kepentingan tersangka, terdakwa maupun terpidana, sedangkan di sisi yang berbeda berdampak terabaikannya perhatian terhadap hak dari korban kejahatan dan negara yang diwakil oleh aparat penegak hukum,” ungkap  H.M Prasetyo yang di bacakan Kajari Banyumas.

Secara terpisah, Kasi Pidsus Kejari Banyumas, Wahyu Satrio, SH selaku Ketua Panitia HBA ke 57 Tahun 2017 mengatakan, serangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 57 dan ulang tahun Ikatan AdhyaksaDharmakarini (IAD) ke-17, Kejaksaan Negeri Banyumas menyelenggarakan kegiatan antara lain berbagai pertandingan olahraga, gerak jalan sehat, Bhakti Sosial (Bhaksos), anjangsana ke para purna Adhyaksa pegawai Kejaksaan Negeri Banyumas. (Sugeng Triono/ Red)

sam

No comment

Leave a Response