Istilah ‘Big Data’ Dalam Teknologi

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Big Data ialah sebuah teknologi baru dalam dunia teknologi informasi yang memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat.

Big Data mempercepat proses pengolahan dan analisis data dalam jumlah yang besar jika dibandingkan dengan teknologi database relational seperti MySQL.

Data yang dapat digunakan untuk Big Data yakni jumlahnya sangat besar, pertumbuhan data yang sangat cepat sehingga dalam waktu yang singkat data bertambah dalam jumlah yang besar serta bentuk dan format data yang beraneka ragam.

Dengan menggunakan Big Data dapat memberikan manfaat yang terbilang banyak seperti dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap dari sebelumnya karena data yang dianalisis ialah data terstruktur.

Big Data benar-benar dirasakan manfaatnya terjadi pada sebuah startup yang bernama Klarna. Klarna ialah startup yang berasal dari Swedia yang memberikan pelayanan semacam micro financing untuk e-commerce.

Klarna menawarkan pembeli online agar dapat membeli langsung barang yang diinginkan tanpa harus membayar langsung yang kemudian barang akan segera dikirimkan kealamat yng dicantumkan.

Kemudian pembeli tersebut diberikan waktu untuk membayar barang jika pembeli itu menyukai barang yang kirimkan tersebut atau mengembalikan barang tersebut jika tidak sesuai.

Sementara itu, jika pembeli menyukai barang tersebut dan tidak bertanggung jawab untuk membayarnya, Klarna memberikan solusi berbasis Big Data. Klarna melakukan analisis terhadap data pembeli tersebut sehingga meminimalkan resiko dimana pihak pembeli tidak bertanggung jawab terhadap barang yang telah diterimanya.

Hingga kini Klarna terus tumbuh menjadi perusahaan micro financing besar untuk pasar e-commerce di Eropa. Namun, sayangnya penggunaan Big Data di Indonesia belum begitu optimal, teknologi Big Data masih dianggap asing. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response