Israel Keberatan Amerika Serikat Jual F-35 ke Qatar

 

Matamatanews.com, JERUSALEM—Rencana pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjual pesawat tempur F-35 ke Qatar tampaknya akan mengalami hambatan.Menteri bidang intelijen Israel Eli Cohen menyatakan bahwa negaranya akan menentang penjualan pesawat tempur F-35 Amerika Serikat ke Qatar meski negara tersebut  serius untuk membelinya.

Dalam sebuah komentarnya di Radio Tentara Israel  seperti dikutip Reuters, Cohen mengatakan bahwa Qatar telah mengajukan permintaan resmi ke Washington untuk membeli jet tempur F-35 siluman.

Apakah Israel akan menentang penjualan itu, “ Jawabannya adalah ya. Superioritas keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang penting bagi kami. Wilayah kami masih belum berubah menjadi Swiss.”

Permintaan Qatar mengikuti kesepakatan Agustus antara Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab di mana Washington setuju untuk mempertimbangkan memberikan persetujuan negara Teluk untuk membeli F-35 dalam kesepakatan sampingan untuk perjanjian yang ditengahi AS yang disebut Abraham Accord untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan. Israel.(bar/arab news)

redaksi

No comment

Leave a Response