Israel Balas Serangan Roket Dari Jalur Gaza

 

Matamatanews.com, Tel Aviv – Kamis, (6/10/2016) Militer Israel menyerang sejumlah posisi Hamas di jalur Gaza lewat udara. Serangan ini lakukan setelah sebuah roket dari daerah Gaza jatuh di dekat kota Sderot, Israel. Seperti dilansir AFP, militer Israel menyebut roket itu jatuh didekat Sderot, yang berjarak kurang dari 1 kilometer dari perbatasan Gaza sebelah timur.

Juru bicara Kepolisian Israel, Micky Rosenfeld, menyatakan lokasi jatuhnya roket ditutup untuk umum dan tim penjinak bom dikerahkan ke lokasi. Sementara kelompok militan kecil aliran Salafi yang menentang Hamas, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. "Alhamdulillah, permukiman Sderot menjadi target roket rakitan," klaim kelompok bernama Ahfad al-Sahaba dalam pernyataannya. 

Kelompok yang sama mengklaim, bertanggung jawab untuk sejumlah serangan lainnya. Namun Israel selalu menuding Hamas bertanggung jawab atas seluruh serangan roket dari Gaza. Sumber keamanan Hamas menyebut tembakan dari tank milik militer Israel mengenai sebuah pos kemanan yang digunakan sayap militernya, Ezzedine Al-Qassam Brigades, di wilayah Beit Hanoun, dekat perbatasan Israel. Sumber itu juga menyebut, tiga serangan udara menargetkan markas Ezzedine lainnya di wilayah Khan Yunis, Gaza bagian selatan.

Juru bicara militer Insrael, Peter Lerner mengatakan “Serangan hari ini, ialah serangan kedua selama bulan Agustus di kota Sderot, yang merupakan dampak langsung dari agenda teror Hamas di Jalur Gaza. Yang mendorong serangan secara disengaja terhadap warga sipil Israel” ujarnya.

Hamas mengecam keras serangan udara Israel itu dan menyebutnya sebagai perluasan konflik. "Resistensi ini bukan mencari perluasan (konflik) tapi bersiap untuk membalas dengan opsi apapun," demikian pernyataan Hamas. [Did/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response