ISIS Serang Irak, 18 Orang Tewas

 

Matamatanews.com, BAGHDAD –Jum’at (21/10/2016) Militan Islamic of Iraq and Syria (ISIS) lancarkan serangan ke Kota Kirkuk, Irak, seiring pejuang Kurdi dan Irak melakukan operasi perebutan Mosul. 18 Anggota Keamanan dan pekerja stasiun pembangkit tenaga listrik tewas dalam serangan tersebut.

“ISIS menyerang Kirkuk yang merupakan salah satu daerah penghasil minyak, menewaskan 18 orang yang terdiri dari pasukan keamanan, karyawan pembangkit tenaga listrik, termasuk 2 orang warga negara Iran,” menurut sumber dari rumah sakit yang dilansir Reuters, Sabtu (22/10/2016).

Sumber penghasil minyak dan pembangkit listrik tidak menjadi target serangan ISIS. Kirkuk berlokasi di bagian timur Hawija, kota antara Baghdad dan Mosul yang saat ini jadi basis kelompok tersebut.

Sebelumnya seorang tentara Amerika Serikat (AS) tewas akibat ledakan bom di Mosul, Irak, saat pasukan militer Irak terus melanjutkan operasi merebut Mosul dari ISIS. Insiden ledakan bom rakitan atau bom pinggir jalan itu terjadi di wilayah Mosul bagian utara. Lebih dari 100 tentara AS ikut dikerahkan sebagai penasihat bagi pasukan militer Irak dan pasukan otonomi Kurdi atau Peshmerga, dalam menyerbu Masoul.

Operasi merebut Mosul dari ISIS yang dilakukan pemerintah Irak telah dimulai sejak awal pekan ini, dengan didukung berbagai pasukan milisi di negeri itu, termasuk Syiah, Sunni dan Kurdi. Serbuan dilakukan dari sejumlah sisi sekaligus. Puluhan koalisi pimpinan AS ini bertujuan mengusir militan ISIS dari Kota Mosul yang merupakan basis pertahanan terakhir mereka di Irak. (Adith/Berabagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response