Iring-Iringan Pengungsi Suriah di Siram Bom

 

Matamatanews.Com,DAMASKUS—Iring-iringan kendaraan  dan bus berisi pengungsi Suriah disiram bom pada Sabtu (15/4/2017) lalu hingga 100 orang lebih kehilangan nyawa.Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam keras serangan brutal tersebut. Serangan bom itu terjadi ketika iring-iringan kendaraan pengungsi melintasi pos pemeriksaan di Rasyidin, sebuah daerah di barat Aleppo.

Jumlah korban yang tewas mencapai 112 orang,sehingga mengundang kecaman keras dari kelompok hak azasi manusia, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR)yang berbasis di Inggris.”Sebanyak 98 pegungsi tewas bersama dengan pekerja bantuan dan tentara pemberontak,”ungkap SOHR dalam pernyataannya.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Azasi Manusia pemantau kemanusiaan di Suriah konvoi bus pengungsi berangkat dari Al-Fu’ah dan Kafriya, Provinsi Idlib. Konvoi bus mengangkut sekitar 5000 warga dari dua kota yang dikuasai  pasukan pemerintah setelah dikepung pemberontak. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam keras serangan terhadap para pengungsi Suriah yang berisi warga sipil.

“Saya mengutuk keras serangan itu dan meminta semua pihak bisa menjamin keselamatan dan keamanan orang-orang atau warga sipil yang meminta dievakuasi,”papar Guterres seperti dilansir Sky News,pada Minggu (16/4/2017). (samar)

sam

No comment

Leave a Response