Iran dan Rusia Perluas Kerjasama Di Bidang Nuklir

 

Matamatanews.com, MOSKOW – Dengan tujuan untuk perdamaian dan perluasan kerjasama, Republik Islam Iran dan Rusia tandatangani dua dokumen kerjasama dibidang nuklir. Pada perjanjian pertama, kedua negara memproduksi isotop stabil di situs nuklir Fordow, dan peta jalan untuk melaksanakan nota kesepahaman (MoU) yang di setujui pada tahun 2014 silam. Kini ditandatangani oleh pejabat Iran dan Rusia pada Kamis (19/1/2017) di Moskow.

Sejak Selasa lalu, Wakil Kepala Badan Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi sudah berada di Moskow untuk membahas perkembangan terbaru kerjasama kedua negara di bidang teknologi nuklir. Dokumen yang ditandatangani oleh AEOI dan Rosatom Rusia, berada dalam konteks Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) dan penggunaan energi nuklir untuk kepentingan perdamaian.

Dalam kunjungan kerja di Moskow, Kamalvandi melakukan pertemuan terpisah dengan direktur dan wakil direktur perusahaan Rosatom untuk menindak lanjuti kerjasama kedua negara di bidang nuklir. Kamalvandi dan CEO Rosatom, Alexey Likhachev membahas berbagai isu termasuk kerjasama Tehran-Moskow dalam pelaksanaan JCPOA, proses pembangunan dua Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) baru oleh Rusia di Bushehr dan kerjasama di situs nuklir Fordow. Diperkirakan pembangunan dua PLTN baru tersebut akan menghabiskan biaya sekitar 10 miliar dollar. [Did/Prst/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response