Iran akan Serahkan Kotak Hitam Pesawat Ukraina 752 Yang Dirudal

 

Matamatanews.com, TEHERAN—Seperti dikutip dari laman The National, pemerintah Iran dikabarkan akan mengirimkan kotak hitam (black box) pesawat Ukraina yang ditembak jatuh secara tidak sengaja di dekat bandara Teheran beberapa waktu lalu, seraya mengatakan bahwa pihaknya tidak akan membantu dalam penyelidikan apapun,tulis media pemerintah pada hari Sabtu (6/6/2020) kemarin.Seperti diketahui Ukraine International Airline  penerbangan 752 yang terkena rudal dan jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran pada 8 Januari 2019 hingga menewaskan 176 penumpang.

"Meskipun penyelidikan hampir selesai dan isi kotak tidak akan membantu penyelidikan, kami siap memberikannya ke negara ketiga atau perusahaan (asing)", kata wakil menteri luar negeri Iran Mohsen Baharvand seperti dikutip oleh kantor berita resmi IRNA.

Pasca kecelakaan itu, ototritas sipil Iran bersikareas bahwa itu kemugnkinan disebabkan oleh kerusakan tekhnis dan membantah tudingan bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh.

Tetapi pada  awal 11 Januari, militer Iran mengakui bahwa pesawat itu ditembak jatuh karena "kesalahan manusia," hingga menewaskan 176 orang, terutama orang Iran dan Kanada, termasuk banyak warga negara ganda.

Ottawa telah menuntut selama beberapa bulan agar Iran, yang tidak memiliki sarana teknis untuk memecahkan kode kotak hitam, mengirim perekam penerbangan ke luar negeri sehingga isinya dapat dianalisis.

Setelah Teheran mengatakan pada bulan Maret siap untuk mengirimkan kotak hitam ke Perancis atau Ukraina, menteri luar negeri Kanada Francois-Philippe Champagne dengann hati-hati menyambut langkah ke arah yang benar, seraya mencatat bahwa ia akan menilai pemerintah Iran atas tindakan mereka dan tidak hanya sekedar kata-kata saja.

Dalam wawancaranya dengan Kantor Berita Iran IRNA, Mohsen Baharvand mengatakan meski negaranya bersedia mengirimkan kotak hitam ke luar negeri, namun ada persyaratan tertentu yang harus dipatuhi. (cam)

redaksi

No comment

Leave a Response