Inovasi Bank Sampah Diterapkan di Lingkungan Perumahan

 

Matamatanews.com, KARAWANG— 7 Juli 2019  Masalah pengelolaan sampah merupakan masalah yang sangat sensitif bagi masyarakat lingkungan perumahan pada umumnya . Baik sampah dapur,sampah sisa pembangunan maupun jenis sampah lain.Pengelolaan sampah yang kurang tepat akan berdampak negatif bagi lingkungan terutama di bidang kesehatan maupun hubungan sosial masyarakat.Bagaimana tidak,sampah yang tidak terkelola dengan baik mulai dari pembuangan,penampungan,dan pengolahan akhir dampak paling terasa adalah sisi sanitasi

lingkungan .Potensi munculnya penyakit serta penyebarannya cukup besar jika di biarkan ,terutama bagi kesehatan anak yang notabene nya tingkat daya tahan tubuh masih belum terbentuk bagus dibanding dengan orang dewasa.

Baru baru ini,sebuah inovasi baru diluncurkan melalui gagasan gagasan pengurus Lingkungan untuk pengelolaan sampah. Berawal dari Sistem pengelolaan sampah yang belum baik ,serta minimnya dana Kas Kepengurusan lingkungan. Kini dirilis program pengelolaan sampah Berupa BANK Sampah Warga ,dengan tujuan sampah dapur dan sampah yang bisa di daur ulang bisa dipisahkan .Sisi lain,sampah tidak hanya untuk dibuang karena sisi nilai ekonomis pun sangat bagus jika sampah bisa di kelola.

"Nantinya ,sampah sampah yang dikelola melalui Bank Sampah ini .bisa menjadi tambahan uang KAS lingkungan mengingat kegiatan kita kedepan masih banyak. Dan selain itu warga bisa mengumpulkan sampah sampah yang bisa di daur ulang ,seperti botol plastik,kardus dll. Yang nantinya akan dihitung sebagai tabungan yang bisa diuangkan oleh warga." Ujar Pak Hendi selaku ketua RW 009 Griya Mas Lestari-Desa Kondang Jaya,Karawang.

"Harapannya,ini bisa meng edukasi masyarakat tidak hanya menjadi sumber ekonomi baru saja.Tapi yang paling utama masyarakat bisa lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian kepada lingkungan " tambah nya ke pada Matamatanews.com

Meski tergolong program baru,namun antusias warga sangat bagus dan didorong juga oleh pengurus RT setempat.Harapannya program ini kelak bisa diperhatikan juga oleh pemerintah desa ,maupun pemerintah daerah Karawang ,agar bisa turut berkontribusi dalam kelancaran program ini. Hayo,jangan buang sampah sembarang y! Sampah tak selamanya hanya dibuang,tapi bisa jadi Uang loh.(Ros)

 

 

sam

No comment

Leave a Response