Inilah Wajah Bandara Mewah Amaala Arab Saudi Tahun 2023

 

Matamatanews.com, RIYADH—Tidak banyak tahu bahwa selama ini kerajaan Arab Saudi tengah membangun sebuah bandara mewah yang bisa melayani ratusan bahkan ribuan pengunjung di tahun 2023. Dan bila dilihat dari desain yang ada bandara Amaala ini memiliki bentuk yang unik, bergelombang dan berkilauan dari kejauhan hingga tampak seperti ilusi, optik, laksana pengalaman menyaksikan fatamorgana di tengah padang pasir.

Dikutip dari laman The National, fatamorgana yang menginspirasi desain bandara untuk pengembangan Laut merah ultra-mewah di pantai barat laut kerajaan. Rendering nya baru saja diresmikan, dengan terminal dan menara kontrol yang digawangi Foster and Partners yang berbasis di Inggeris, sedangan rencana induknya dirancang oleh Egis.

Bandara yang  dicanangkan mampu mengakomodasi satu juta wisatawan per tahun ini direncanakan beroperasi pada tahun 2023.Hanggar yang luas dipenuhi cahaya dan bisa untuk parkir pesawat pribadi dengan suhu 0,1 persen  bertujuan untuk menarik para pelancong menjambangi bandara Amaala.

"Pengalaman penumpang melalui seluruh gedung akan mirip dengan klub anggota pribadi - mewah dan santai," kata Gerard Evenden dari Foster + Partners. "Desain berusaha untuk membangun model baru untuk terminal pribadi yang memberikan pengalaman yang mulus dari resor ke pesawat terbang."

Apa itu Amaala? Amalaa adalah proyek besar di sepanjang Laut Merah yang  berada di provinsi Tabuk berbatasan dengan kota Neom ini berada di Proyek Laut Merah di dalam Cagar Alam Pangeran Mohammed Salman, dan kini sedang disiapkan sebagai tujuan wisata mewah bagi kalangan berduit.

Proyek besar yang dijuluki ‘Riviera Timur’ ini memiliki 2.500 kamar hotel dan 700 vila pribadi dengan area ritel 200 outlet. Amaala juga menampilkan akademi seni yang bertujuan untuk lebih mengembangkan seniman muda Arab Saudi  dan wilayah sekitar lainnya.

Di Amaala sendiri ada tiga area penting yaitu Triple Bay yang memiliki akademi olahraga dan resor dengan fokus kesehatan. Pulau ini juga akan menampilkan berbagai vila mewah dan studio seniman serrta The Coastal Development yang akan menjadi pusat seni dan budaya  daerah lokal.

Pendanaan awal proyek ini menggunakan Dana Investasi Publik Arab Saudi, namun nilai investasinya sejauh ini belum disebutkan secara rinci.Proyek ini diharapkan selesai seutuhnya pada tahun 2028 mendatang ini disebut mampu menghasilkan sekitar 22.000 pekerjaan untuk Kerajaan Arab Saudi. (bar / the national / berbagai sumber)

 

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response