Ini Dia Manfaat dan Efek Samping Dari Kayu Manis

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Kayu manis merupakan bumbu dapur yang lazim digunakan, selain untuk bumbu, kayu manis dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam masalah kesehatan seperti diabetes dan kardiovaskular.

Kayu manis diketahui mempuyai beberapa kandungan yang berguna untuk kesehatan yakni senyawa Cinnamaldehyde yang membantu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, kayu manis mengandung anti infeksi natural untuk menghilangkan bakteri H. Pylori yang menyebabkan sakit maag.

Kemudian kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus. Sementara itu kandungan kalsium, mineral dan serat dalam kayu manis dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Aroma yang dihasilkan dari kayu manis itu sendiri dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan aktivitas otak, dan meningkatkan proses kognitif seseorang serta membantu untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi.

Selain memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, penggunaan kayu manis yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan terutama bagi seseorang yang mempunyai alergi. Kemudian bagi seseorang yang mempunyai gangguan hati dapat menyebabkan keracunan karena kayu manis mengandung coumrin yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan hati.

Kemudian penggunaan kayu manis dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan terjadinya peningkatan denyut jantung sehingga berbahaya untuk penderita penyakit jantung dan gangguan jantung lainnya.

Selain itu, untuk wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kayu manis selama kehamilan berlangsung karena dapat memicu terjadinya kontraksi rahim. (Atep/ws/dk/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response