Indonesia Andalkan Turis Cina Terkait Pencabutan Bebas Visa

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berencana mencabut bebas visa untuk 49 negara melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), rencana tersebut tidak akan mengganggu jumlah wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan hal tersebut dikarenakan pencabutan tersebut diberlakukan untuk negara-negara yang memberikan kontribusi kecil untuk kunjungan turis-turis. Selain itu, Indonesia masih memiliki beberapa negara besar yang menjadi sumber-sumber aliran turis.

Dari negara-negara tersebut, negara Cina yang paling aktif mengirimkan warganya untuk berlibur ke Indonesia. Berdasarkan catatan BPS, turis asal Cina dan beberapa negara besar mencapai setengah dari total kunjungan turis ke Indonesia.

Turis asal Cina 140,97 ribu turis, Singapura 128,37 ribu turis, Malaysia 117,25 ribu turis, Australia 88,2 ribu turis dan Jepang 43,85 ribu turis.

Suhariyanto menilai pemerintah Indonesia harus mengembangkan potensi turis-turis dari negara lain, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memperbaiki destinasi-destinasi yang berada di Indonesia.

Suhariyanto menambahkan, “kemasan dan promo (destinasi wisata) perlu dipercantik dan perlu memperkenalkan spot pariwisata yang bagus namun belum diperkenalkan, kerena sektor pariwisata akan memjadi tumpuan kedepan, baik dari pariwisata maupun industri kreatif”.

Pemerintah sendiri menargetkan kunjungan turis untuk tahun ini mencapai 15 juta turis, untuk tahun kemaren indonesia berhasil menjaring 11,56 juta turis. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response