Ikon Patung Jelawat Jadi Wisata Favorit Masyarakat Sampit

 

Matamatanews.com-Sampit – Rupanya bagi masyarakat Sampit, Kalimantan Tengah tidak kehilangan akal untuk melampiaskan rasa jenuh dan menghibur diri setelah berpuasa sebulan penuh. Mereka berbondong memadatiobyek wisata patung ikan jelawat di Kota Sampit dengan beragam pola. Sejak hari kedua lebaran,masyarakat Kotawaringin Timur mulai memadati sejumlah tempat wisata  terutama di Patung jelawat yang menjadi ikon kota Sampit.

Ikon patung jelawat ini di resmikan pada 21 Pebruari 2014 oleh Bupati Kotawaringin Timur H.Supian Hadi.Patung ikan jelawat ini tempatkan di tepi sungai Mentaya yang menghadap ke arah sungai menyerupai ikon patung singa di Singapura dengan mulut menyemburkan air ke arah sungai.

Selama ramadhan terutama setelah hari raya kedua yang masih dalam masa libur lebaran di manfaatkan sejumlah warga untuk bersantai bersama keluarga dan teman di obyek wisata patung jelawat.Obyek wisata ini tidak cuma di minati oleh wisatawan lokal tapi juga dari wisatawan dari luar daerah.Karena berada dekat dengan pelabuhan, pasar dan pusat perbelanjaan serta tidak dipungut biaya, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang ikon ikan jelawat. Selain itu  banyak pula pengunjung yang membawa anak kecil menyewa sepatu roda atau sepeda yang di sewakan oleh sejumlah pedagang kaki lima .

“ Kami sudah lama mendengar tentang keberadaan obyek wisata patung ikan jelawat, dan kebetulan kami sedang mengunjungi keluarga di sampit jadi sekalian kami sempatkan untuk singgah dan suasananya sangat nyaman sambil menikmati pemandangan sungai “ Ujar Lina, warga asal Tanjung, Kalimantan Selatan, saat berada di Sampit.

Idealnya memang setiap kota harus memiliki ikon kota yang bisa menjadi kebanggaan warga.Walau pada awalnya sempat menimbulkan pro-kontra dalam pembangunan patung ini, tapi kini masyarakat sudah mulai merasakan dampak positifnya.Bahkan dapat memberi penghasilan tambahan bagi warga sekitar yang berjualan di sekitar ikon tersebut.

Untuk menjamin keamanan wisatawan pemerintah daerah menempatkan beberapa anggota Satpol PP untuk mengurangi copet yang dulu sempat beraksi di lokasi ini.

Mungkin ke depannya harus lebih di benahi lagi,terutama ,berkaitan dengan sarana dan prasarana yang berada di kawasan ini seperti toilet umum dan tempat sampah. “Begitupun pengaturan parkir agar wisatawan merasa nyaman dan aman.” ujar Sarwani, salah seorang PNS dari Kabupaten Lamandau yang sedang berkunjung ke kota Sampit kepada Matamatanews.com. (Parlin.S/samar)

 

 

sam

No comment

Leave a Response