Hormati Hak Rakyat Palestina, Finlandia Tolak Rencana Aneksasi Israel atas Tepi Barat

 

Matamatanews.com, HELSINKI—Menteri Luar Negeri (Menlu) Finlandia, Pekka Haavisto menyatakan bahwa negaranya tegas menolak rencana Israel untuk mencaplok wilayah Tepi Barat.Ia menegaskan, bahwa negaranya menghormati hak rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri, selain itu juga menghormati hukum internasional dan menentang pelanggaran norma-norma internasional maupun hukum.

Dalam pertemuannya di Helsinki dengan  duta besar negara Palestina untuk Finlandia,Tayseer al-Ajouri, Menlu Pekka Haavisto menegaskan bahwa Finlandia dan negara-negara Nordik serta Uni Eropa sejak mengambil posisi bersatu terkait pernyataan Israel yang akan menganeksasi wilayah Tepi Barat.

Ia juga mendorong dilakukannya perundingan damai ulang yang lebih serius mengacu kepada hukum internasional, dan negaranya berkomitmen pada kebijakan Uni Eropa yang menghasilkan solusi dua negara sesuai dengan resolusi Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB).

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kedutaan Palestina di Finandia, al-Ajouri mendesak menteri Finlandia untuk  mengakui Palestina dan berdiri tegak melawan rencana pencaplokan Israel  dan kesepakatan Amerika Serikat abad ini.

Al-Jouri mendesak Menlu Haavisto untuk bekerjasama dengan negara-negara Nordik dan Uni Eropa untuk mengambil sikap praktis terhadap rencana aneksasi Israel, dan mengakhiri kebijakan standar ganda negara Yahudi dengan cara mengaku Palestina sebagai negara. Karena dengan adanya pengakuan kolektif dari Finlandia, dan negara-negara Nordik serta Uni Eropa maka kebijakan despotik Israel  untuk mencaplok wilayah Tepi Barat akan gagal. (cam / WAFA/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response