Home Exercise: Efektif dan Tanpa Biaya

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Badan yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup yang sehat. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Namun sering kali diabaikan oleh banyak dari kita. Berbagai alasan menjadi faktor dari hal tersebut, mulai dari kurangnya waktu untuk berolahraga, kelelahan karena seharian bekerja, kemalasan untuk melakukan gerakan olahraga, hingga kurangnya waktu untuk mendatangi tempat fitness. Mungkin di waktu senggang banyak menyempatkan diri untuk mendatangi tempat fitness. Namun bagaimana dengan kalian yang memiliki aktivitas super sibuk dan tidak sempat untuk pergi ke tempat fitness?

Home Exercise menjadi solusi bagi kalian yang memiliki waktu kesibukan yang tinggi. Di rumah pun bisa menjadi tempat yang asyik untuk olahraga bersama anggota keluarga yang lain. Dan jangan salah, home exersice sendiri sangat mudah untuk di praktik-an dan sudah pasti tidak memakan biaya. Contohnya, di tempat fitness pasti kalian harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan alat yang ada di tempat tersebut, dan kalau untuk di studio seperti olahraga zumba, kalian juga akan memakan biaya untuk setiap kelas zumba yang diadakan. Padahal kalau kita melakukan nya secara rutin, mau olahraga diluar ataupun dirumah pasti akan membuahkan hasil yang maksimal untuk kesehatan tubuh kita. Home exercise/olahraga dirumah bisa menyesuaikan dengan waktu luang kalian begitu juga dengan lamanya waktu berolahraga kalian bisa mengaturnya sendiri.

Gerakan olahraga dirumah sangat sederhana, namun sangat efektif bagi kalian yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berikut 6 olahraga paling efektif yang bisa kalian lakukan dirumah tanpa bantuan alat:

1.Jumping Jakcs

Masih sama seperti sd dulu, jumping jacks adalah gerakan yang paling umum dan sering dilakukan. Kita hanya perlu loncat dan menepuk kedua tangan diatas kepala sambil merenggangkan kaki.

2. Push Up

Olahraga satu ini tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat. Selain mudah dilakukan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Posisi badan tengkurap dengan tangan berada di susu kanan dan kiri, setelah itu dorong badan keatas menggunakan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan harus tetap lurus. Kemudian badan harus di turunkan dan tidak menyentuh lantai.

3. Sit Up

Gerakan yang dilakukan pada sit up melibatkan otot perut, jadi tidak heran banyak wanita maupun pria banyak yang melakukan gerakan olahraga ini karen abisa membentuk perut mereka. sit up dilakukan menggunakan tangan yang berada di belakang kepala. Posisi kaki harus ditekuk. Bila tidak bisa dilakukan sendiri kalian bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan ujung kaki.

4. Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau yang biasa disebut skipping adalah jenis gerakan yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tali. Lompat tali memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya mampu menurunkan berat badan karena dapat membakar lemat dengan cepat.

5. Naik Turun Tangga

Mungkin naik turun tangga sudah biasa kalian lakukan saat sedang beraktivitas, namun ternyata gerakan naik turun tangga ini bisa dijadikan olahraga dirumah.

Gerakan ini dapat dilakukan denga berjalan atau berlari. Hal ini bisa dilakukan untuk program diet karena efektif untuk membakar kalori dengan sangat cepat dan dapat memperkuat otot kaki dan betis.

6. Lari di Tempat

Sebenar nya gerakan lari di tempat sama hal nya dengan jogging, tapi pada saat musim hujan, kalian dapat melakukan gerakan ini di dalam ruangan. Gerakan yang dilakukan berulang-ulang di tempat, tetapi kalian bisa merasakan manfaat nya seperti lari pada biasanya.

Itu adalah beberapa jenis olahraga yang dapat kalian lakukan dirumah tanpa harus keluar rumah dan memakan biaya. Pada dasarnya, tidak ada keharusan untuk memiliki peralatan untuk berolahraga. Dengan memanfaatkan massa tubuh, itu sudah cukup membuat  badan tetap bugar dan sehat.( Marshela Subiantoro Soesanto Putri ,Mahasiswi London School Of Public Relations Jakarta)

 

redaksi

No comment

Leave a Response