Guru Gresik Launching Rombong Inovatif Dan Islami

 

Matamatanews.com, GRESIK – Kamis (8/12/2016) Pengajar SD Muhammadiyah Sidayu yang bernama M.Khoiruddin, merupakan pengusaha muda yang menjual oleh-oleh khas Sidayu. Khoiruddin membuat suatu gebrakan di bidang usaha yang berbasis marketing, dengan mengedepankan kejujuran (syar’i) di depan Pasar Sidayu, Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik.

Kamis kemarin merupakan hari pasaran pahing, para pembeli dan pedagang tumpah ruah di pasar Sidayu. Hari kelima dari Launching Rombong Inovatif dan Islami ini, diberi nama Rombong Kejujuran. Dalam acara itu dijual “Bonggolan” (Bakalnya adonan kerupuk) dan “Kerupuk Goreng Wedi” (Kerupuk digoreng pake pasir) dengan harga Rp 5000,-  dengan diberikan tulisan “ Ambil satu masukkan uang Rp 5000,-ke kotak“ dan “saya percaya sampeyan jujur”, ujar Khoiruddin dengan optimis.

Ide membuat suatu market yang diluar pemikiran kebanyakan orang didasari akan kepercayaan dan semangat menumbuhkan rasa akan pentingnya kejujuran bagi kita terutama masyarakat Sidayu, yang dominan muslim dan terkenal dengan pondok pesantren anak – anak. Insyaallah banyak orang Sidayu yang jujur, ujar Guru SD Muhammadiyah ini menambahkan.

“Masak jualan kok gak ditungui, gak niat jual orang ini? Kalau ada yang mencuri gimana”, ujar Ahmad tukang becak yang parkir di depan pasar. Beda dengan Nurul penjual sayur asli Sidayu ini mengatakan, “bagus mas kreatif banget sampeyan (kamu)”. Beberapa tukang becak dan penjual lainnya ada yang pro dan kontra dengan adanya rombong kejujuran ini, semoga dengan suatu perbedaan ini tidak membuat masyarakat antipati dengan perubahan yang baik dan bisa menggerakkan diri kita agar lebih jujur dalam berdagang.

Dari awal launching terjual 50 buah bonggolan dan kerupuk goreng wedi 20 bungkus, pendapatan sesuai dengan barang yang dijual kadang ada yang kurang kemarin, hari ini bertambah. Pada hari kedua malah terkumpul uang berlebih Rp 7000,- dan sampai berita ini diturunkan tidak ada kehilangan barang maupun uang yang kurang, sehingga launching Rombong Kejujuran bisa dikatakan berhasil, Khoiruddin menerangkan kepada Matamatanews.com .(Nizam/Nailul).

sam

No comment

Leave a Response