Gong Perdamaian Nusantara Ada. di Purworejo

 

Matamatanews.com, PURWOREJO—Bila kita mengunjungi kota Purworejo pastilah akan menjumpai sebuah gong atau salah satu gamelan jawa berukuran raksasa berwarna kuning emas berdiri kokoh di sebelah barat alun alun kota " berirama" ini. Ya, itulah Gong Perdamaian Nusantara. Beberapa kota lain di Indonesia juga berdiri monumen ini seperti di Yogyakarta, Palu, Blitar, Bali, Jepara, Ambon, Ciamis dan Kupang. 

Gong Perdamaian Nusantara merupakan simbol perdamaian bangsa Indonesia secara menyeluruh.  Keanekaragaman suku, bahasa, dan agama diharapkan tetap bersatu padu saling menghormati dan harapan itu  nampak tertera di lapisan Gong kuning emas tersebut.

Simbol yang tertera menunjukan kota kota yang ada di Indonesia,  Simbol jumlah propinsi di Indonesia,  tulisan Gong Perdamaian Nusantara simbol dari persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, Simbol agama yang ada di Indonesia dan peta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gong Perdamaian Nusantara mungkin hanya sebuah simbol belaka, tetapi selayaknya kita mewujudkannya.  Kita tunjukkan budaya warisa nenek moyang yang selalu cinta damai, saling menghormati walaupun banyak perbedaan di sekitar kita. *(hendro/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response