Gempa Guncang Bogor dan Sekitarnya

 

Matamatanews.com, BOGOR - Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 mengguncang Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 14 Desember 2023 lalu sekitar pukul 06.36 WIB.

Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Yogi Adi Prasetya,S.T, M.Sc. menuturkan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi sekitar pukul 06.35 WIB. 

"Pusat gempa berada 24 km barat laut Sukabumi dengan kedalaman 10 km. Gempa susulan terjadi sebanyak 2 kali yaitu magnitudo  2.2, pada pukul 09:10:05 WIB, lokasi 24 km Barat Laut Kab.Sukabumi Jabar dengan kedalaman 15 Km, berikutnya gempa susulan dengan magnitudo 2.4 dan 2.2 terjadi pada pukul 09:54:04 WIB dan 11:16:11 WIB di lokasi yang sama," terangnya didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Alumni Program S2 Kyushu University, Fukuoka, Jepang ini mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, diperkirakan gempa tersebut termasuk gempa dangkal karena hanya memiliki kedalaman 10 km. Dengan kedalaman tersebut katanya, dipastikan bahwa sumber gempa bumi bukan karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

"Dengan kedalaman gempa 10 km dan berada di Sukabumi dapat diinterpretasikan bahwa gempa tersebut adalah jenis gempa akibat sesar mendatar," ujar Yogi yang juga anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia ini.

Untuk memastikan sumber gempa, Yogi berharap kepada warga menunggu informasi lebih lanjut dari instansi terkait seperti BMKG, BPBD, dan Pemerintah Daerah. Diharapkan jwarga dan masyarakat selalu waspada terhadap gempa susulan yang kemungkinan datang, dan segera pergi ke tempat terbuka jika terjadi gempa yang lebih besar. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response