Gelombang Panas terjang India Hingga 50 Derajat Celsius

 

Matamatanews.com, NEW DELHI—Sabtu (1/6/2019) lalu India dikabarkan dilanda bencana gelombang panas ekstrem hingga mencapai 50 derajat celsius. Bencana gelombang tersebut sontak menimbulkan kekhawatiran berkurangnya cadangan air dan sengatan terik panas.

Laporan pemantau cuaca India menyebutkan bahwa suhu rata-rata di sejumlah kota dan kawasan Rajashtan telah mencapai diatas 47 derajat celsius, sementara gelombang panas  di kota gurun Churu di Negara Bagian Rajashtan mencapai 50,6 derajat celsius.

Dinas Meteorologi India menyatakan bahwa gelombang panas ini bisa melanda sepanjang pekan di Negara Bagian Rajasthan, Maharashtra, Madhya Pradesh, Punjab, Haryana, dan Uttar Pradesh. Terakhir kali gelombang panas hingga mencapai 51 derajat Celsius tercatat melanda Kota Phalodi, Rajasthan, pada Mei 2016.

Sejumlah korban tewas akibat serangan sengatan panas dan kekurangan pasokan air bersih pun telah dilaporkan. Oleh karena itu pemerintahan di New Delhi telah menge­luarkan imbauan agar warga tak keluar saat suhu panas di siang hari untuk menghindari terkena serangan sengatan panas. (bar/afp/kj)

sam

No comment

Leave a Response