GBU-43 B-Bom Mengerikan Milik Amerika Serikat

 

Matamatanews.Com,JAKARTA— Pada 13 April 2017 malam lalu, Amerika Serikat membom wilayah timur Afganistan menggunakan bom GBU 43 atau lazim disebut Mother Of All Bomb, yang di klaim sebagai Bom Non Nuklir terbesar yang untuk pertama kali digunakan untuk menyerang Afganistan. Bom ini pernah diuji coba Amerika Serikat pada tahun 2003 silam.

Bom mengerikan ini memiliki berat hingga 9800 kg dengan kekuatan daya ledak hingga 11 Ton TNT. Ketika beraksi bom ini dilengkapi dengan sistem GPS untuk menambah keakuratan  dalam menghancurkan target atau sasaran.Ketika menghadapi Irak bom ini tidak pernah digunakan, namun dibawah kepimpinan Donald Trump bom ini digunakan untuk menyerang Afghanistan. Amerika Serikat berdalih,serangan itu dilakukan untuk menyerang terowongan yang biasa digunakan ISIS di distrik Achin.

Bom ini hanya bisa dibawa oleh pesawat pengangkut seperti C-130 Hercules,MC-130E Combat Talon atau Combat Talon II,pesawat tempur biasa dipastikan tidak bisa. Meski  rupanya terlihat sangat menakutkan, GBU-43/B sebagai Mother Of All Bomb memiliki saingan dari Rusia yang mempunyai kekuatan TNT empat kali lebih kuat dibandingkan bomb ini, tetapi untuk spesifikasi dan keberadaannya masih diperdebatkan sampai sekarang. (Andro DP/berbagai sumber)

 

 

sam

No comment

Leave a Response