Gawat Jakarta Di Kepung Genangan Air

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak Selasa dinihari tadi mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta tergenang air. Akibat genangan air tersebut, sejumlah ruas jalan di Jakarta tidak dapat di lalui oleh kendaraan.

Berdasarkan laporan warga yang telah diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 401 laporan terkait genangan air yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Dari hasil laporan warga, genangan air diketahui bervariasi dari 10 cm hingga 150 cm. Oleh karena itu, BNPB pun menetapkan status banjir di Ibu Kota memasuki siaga dua dan tiga.

“Hujan masih merata dan berpotensi meningkatkan debit banjir”, terang Kepala Pusat Informasi data dan Human BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

BNPB menggunakan platform petabencana.id dan laporan banjir guna menyusun daerah banjir yang hasilnya terdapat 54 titik banjir yang tersebar di Jakarta.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika Ramlan mengatakan, intensitas hujan di wilayah timur sejak kemarin mencapai 143mm per hari atau masuk kategori sangat lebat dan untuk wilayah utara sekitar 50-60mm/hari. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response