Gawat, Daya Pikir Menurun Akibat Penyakit kardiometabolik

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Kesehatan tubuh berhubungan dengan respon tubuh dan juga pikiran. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak penelitian ilmiah telah meneliti bagaimana dampak kesehatan fisik fungsi mental, dan sebaliknya.

Sebuah studi baru yang dilakukan University of Glasgow telah menemukan bahwa orang yang memiliki penyakit kardiometabolik mendapatkan hasil yang buruk pada tes mental penalaran, memori, dan waktu untuk bereaksi dibanding dengan yang tidak memiliki penyakit ini. Bahkan efek penyakit ini lebih besar ketika seseorang memiliki lebih dari satu penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung koroner (PJK).

Hal tersebut membuktikan bahwa orang dengan penyakit kardiometabolik, cenderung memiliki penalaran, memori dan reaksi tanggap yang lebih rendah dibandingkan dengan yang sehat. Kondisi tubuh yang tidak sehat, akan mempengaruhi penurunan daya pikir seseorang.

Sebelumnya, penelitian telah mengaitkan penyakit kardiometabolik dengan kemampuan kognitif yang menurun dan studi baru yang pertama untuk menghubungkan beberapa penyakit keterampilan kognitif yang terganggu.

"Temuan kami menyoroti potensi untuk melindungi tubuh terhadap penurunan kognitif dengan mengatasi kondisi lain seperti penyakit jantung," terang Dr. Lyall. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response