Gading Mamut Purba Berhasil Diamankan Petugas Bea Cukai

 

Matamatanews.com, TIONGKOK – Petugas Bea Cukai Cina berhasil mengamankan Gading Mamut yang merupakan nenek moyang gajah dan telah punah sekitar ribuan tahun lalu. Hasil sitaan gading tersebut mencapai satu ton lebih.

Pemerintah cina mengatakan bahwa gading-gading tersebut diangkut secara besar-besaran dari Rusia, kemudian berhasil diamankan di bagian timur Laut Cina pada bula Februari lalu.

Sementara itu, para pejabat Cina mengatakan bahwa penyelundupan gading ini tidak diumumkan, hal tersebut karena tidak ada peraturan internasional untuk memperdagangkan gading tersebut.

Perdagangan gading ini sendiri sedang popular antara Rusia dan Cina, gading ini didapatkan dari kerangka mamut yang ditemukan di Siberia. Para peneliti mengatakan, akibat pemanasan gobal yang terjadi di Kutub Utara, para pencari menjadi lebih mudah menemukan kerangka-kerangka mamut yang telah lama terawetkan oleh es.

Menurut seoranng profesor konservasi dan ekonomi terapan sumber daya di Universitas Kent, Douglas MacMillan, diperkirakan terdapat 10 juta lebih gajah mamut yang diawetkan dalam lapisan tanah beku di tundra Arktik.

Selain menyita gading-gading mamut, para petugas Bea Cukai juga mengamankan cula badak serta satu ton lebih batu giok di Pelabuhan Luobei di Provinsi Heilongjiang.

Cina sendiri mempunyai pasar gading terbesar didunia, yakni diperkirakan sekitar 50 persen penjualan gading menuju Cina. Hongkong merupakan kota tujuan utama dari penjualan gading tersebut, gading-gading tersebut dijadikan perhiasan dan benda-benda pajangan lainnya. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response