Festival Budaya Grebeg Sura di Baturaden

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Acara Grebeg Sura dalam rangka memperingati 1 Muharam 1440 H digelar  di Lokawisata Baturaden Kec. Baturaden Kab. Banyumas pada hari Minggu (30/9/2018) mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB. Acara Festival Budaya Grebeg Sura serta rebut gunungan berkah yang berisi berbagai sayuran dan buah tersebut sebagai simbol kemakmuran masyarakat kec Baturaden  dalam rangka 1 Muharam (sasi sura). Sekitar 20.000 orang menyaksikan acara yang diadakan oleh Kadinpora Banyumas tersebut.

Tampak hadir dalam event tahunan ini pejabat di lingkungan pemkab Banyumas diantaranya Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husein, Wakil Bupati Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, serta perwakilan dari instansi pemda Banyumas, TNI dan Polri.

Pagelaran budaya ini menampilkan hasil panen berbagai desa di sekitar Baturaden. Adapun susunan peserta Grebeg suran adalah :Manggala Yuda (cucuk lampah), Barisan Rontek , Pembawa sesaji dari Paguyuban.       Keraton Mataram (Pakem), Kepala desa,,Gabungan perangkat desa, Tumpeng Robyong, Tumpeng Tri Warna, Gunungan Utama, Wedus Kendit, dan ormas Raden pala,PP.

Adapun para pembawa tenong 12 desa antara lain :

Pamijen,Karang salam,Kutasari,Rempoah,Pandak,Ketenger,Karang mangu,Kemutug kidul,Kemutug lor,Kebumen,Karang pule, dan Purwosari. Sementara itu dalam sambutannya Kadinpora Banyumas Drs Azis Kusumandani M.Hum menyatakan  bahwa acara Grebeg suran ini merupakan acara rutin tahunan yang mana kita gelar setiap tahun yang melibatkan seluruh komponen masyarakat kecamatan Baturraden. Bahwa acara inti pada satu Muharam ini yaitu pelarungan sesaji penaburan benih ikan dan ziarah ke makam sesepuh Kecamatan Baturaden.

"Mohon nanti bapak Bupati didampingi forkompinda untuk menerima laporan dari peserta kirab, " kata Azis.Selain itu Bupati Banyumas  Ir. Achmad Husein juga menyampaikan sambutannya bahwa merasa bersyukur sampai dengan sekarang kita masih diberikan kesehatan keselamatan sehingga pada acara ini wujud syukur melalui acara Grebeg suran.

"Saya sangat mengapresiasi acara ini yang rutin setiap tahun diadakan untuk menghormati para leluhur dan nenek moyang agar diberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan serta kemakmuran bagi masyarakat Baturaden khususnya dan Banyumas pada umumnya. Perlu saya ingatkan nanti pada saat perebutan gunungan jaga faktor keamanan jaga diri jangan sampai jatuh atau pun berbenturan gesekan sehingga mengakibatkan yang tidak kita inginkan," kata Husein.

Acara Grebeg suran dilanjutkan dengan keriuhan pengunjung memperebutkan gunungan sesaji yang berisi makanan hasil bumi masyarakat setempat. Dilanjutkan karnaval budaya mengambil  Route Start dari halaman Wanawisata Palawi- Terminal Lokawisata - Lokawisata Baturaden - finish Bukit Bintang. Sebagai puncak acara adalah pelarungan sesaji di Sungai Gumawang dan penyembelihan seekor kambing kendit serta tabur benih Ikan dengan didahului Doa larung sesaji oleh bapak Ayat.* (jaka, hendro)

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response