Fapet Unsoed Sukses Gelar Animal Science Innovation Competition 2021

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman dan Edutainer Nusantara sukses menggelar Animal Science Innovation Competition (ASIC 2021). ASIC 2021 merupakan kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh mahasiswa D3, D4, dan S1 semua jurusan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. ASIC 2021 terdiri dari empat cabang lomba yaitu: Esai Teknologi Peternakan, Esai Produksi, Sosial dan Ekonomi Peternakan, Judging Sapi Perah, dan Judging Kambing Perah. 

Ketua Panitia ASIC 2021 Afduha Nurus Syamsi,S.Pt.,M.P. yang juga Dosen di Laboratorium Produksi Ternak Perah Fapet Unsoed memaparkan bahwa walaupun kondisi masih pandemi tetapi tak menyurutkan semangat Fakultas Peternakan Unsoed untuk  menyelenggarakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional tersebut. Animal Science Innovation Competition (ASIC) 2021 kali ini mengusung tema “Akselerasi Kreativitas Insan Muda dalam Membangun Bangsa.” Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan tersebut terlaksana dengan sukses dan meriah.

Lebih lanjut Afduha Nurus Syamsi menjelaskan bahwa kesuksesan ASIC di tahun pertama menjadi momentum yang penting dan membanggakan, sehingga tahun depan akan diupayakan terselenggaranya ASIC seri yang ke 2 dengan cabang perlombaan yang lebih menarik dan kompetitif.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan Unsoed, Dr.Triana Setyawardani,S.Pt, MP., dalam sambutannya mengatakan bahwa Lomba ASIC diikuti oleh 103 kelompok yang terdiri dari 309 mahasiswa yang berasal dari 25 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Adapun jenis-jenis lomba kata Triana, antara lain Lomba Esai Teknologi Peternakan (21 kelompok), Esai Produksi, Sosial, dan Ekonomi Peternakan (19 Kelompok), Judging Sapi Perah (42 Kelompok), dan Lomba Judging Kambing perah (21 Kelompok).

Triana menambahkan, kegiatan ASIC merupakan ajang untuk menyampaikan gagasan-gagasan melalui tulisan ilmiah maupun unjuk pengetahuan dalam menilai ternak sapi dan kambing perah. Menurutnya, dari jumlah peserta yang mendaftar, masing-masing cabang perlombaan hanya dipilih 15 peserta/kelompok yang maju ke tahap presentasi.

“Saya selaku pimpinan Fakultas Peternakan Unsoed menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia dan Edutainer Nusantara yang telah menyiapkan segalanya dengan baik. Selamat kepada para pemenang lomba dan teruslah berprestasi untuk membawa nama harum kampus masing-masing,” ujar Triana saat acara penutupan ASIC melalui aplikasi Zoom, Sabtu (13/11).

Sementara Alumni Fakultas Peternakan Unsoed tahun 2009 Farid Dimyati menjelaskan bahwa dari berbagai cabang lomba tersebut, nama-nama  dewan juri diantaranya Abdul Rokhim, S.Pt dan Hermawan Setyo Widodo, S.Pt, M.Si (Lomba Judging Sapi Perah), Dr.sc.agr. Ir. Yusuf Subagyo, MP dan Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc.Agr (Lomba Judging Kambing Perah), Farid Dimyati, S.Pt, Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP, dan Titin Widyastuti, S.Pt, MP (Lomba Esai Teknologi Peternakan), serta Ecky Imamul Mutaqin, S.E, Ir. Bambang Suharno, dan Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP (Lomba Esai Produksi, Sosial dan Ekonomi Peternakan).

Dalam kesempatan yang sama, Farid Dimyati,S.Pt yang mewakili dewan juri memberikan sambutan, bahwa semua naskah yang masuk ke dewan juri semuanya bagus-bagus. Gagasan-gagasan yang disampaikan kata Farid juga berbobot, bahkan dari beberapa naskah yang masuk telah menyajikan gagasan/inovasi baru yang bisa mendukung kemajuan dunia peternakan Indonesia. 

“Inovasi-inovasi melalui lomba esai seperti ini merupakan salah satu langkah awal untuk menuju perubahan itu sendiri. Apalagi jika gagasan-gagasan dari adik-adik mahasiswa yang telah dituangkan di dalam naskah esai, kemudian diteruskan menjadi sebuah riset nyata,  pada akhirnya akan melahirkan sebuah produk-produk yang bermanfaat bagi peradaban umat manusia,” ujar Farid.

Farid berharap bahwa kegiatan Animal Science Innovation Competition (ASIC) bisa menjadi ajang rutin tahunan. Menurutnya, kompetisi tersebut sangat baik, sehingga kalau bisa diadakan sebelum acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) supaya kegiatan tersebut bisa menjadi ajang pemanasan bagi mahasiswa untuk menghadapi kompetisi yang sangat bergengsi tersebut.

Lebih lanjut Farid mengatakan, berdasarkan hasil penjurian, juara Lomba Esai Teknologi Peternakan yakni Juara 1 diraih oleh Universitas Brawijaya, Juara 2 Universitas Jenderal Soedirman, dan Juara 3 diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman. 

Juara Lomba Esai Produksi, Sosial, dan Ekonomi Peternakan Juara 1 diraih Universitas Jenderal Soedirman, Juara 2 Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang dan Juara 3 Universitas Brawijaya. Sementara itu untuk Lomba Judging Sapi Perah, Juara 1 diraih oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Juara 2 Universitas Jenderal Soedirman, dan Juara 3 Universitas Sebelas Maret. Adapun untuk Lomba Judging Kambing Perah, Juara 1 diraih Universitas Jenderal Soedirman, Juara 2 Universitas Jenderal Soedirman, dan Juara 3 diraih Universitas Udayana. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response