Facebook Tengah Kembangkan Alat Pemindai Otak jadi Tulisan

 

Matamatanews.com, AMERIKA SERIKAT – Facebook mengumumkan bahwa pihak tengah mengembangkan teknologi pemindai otak. Nantinya pemindai ini dapat menuliskan apa yang dipikirkan otak pemakainya 100 kata per menit.

Sekitar 60 ilmuwan dan insinyur tengah bekerja di lab Building 8 Facebook serta telah menjelaskan secara detail rencana mereka untuk teknologi masa depan ini. Dalam 18 bulan, Building 8 berharap mampu mengembangkan prototipe dari sensor otak dengan kemampuan ajaib tersebut.

Grup peneliti itu juga berencana untuk membentuk panel yang akan menguji implikasi etis dari pemindaian otak. Regina Dugan, Kepala Building 8 mendiskusikan perkembangan teknologi tersebut dalam wawancaranya dengan Bussiness Insider.

Dugan dan timnya percaya bahwa teknologi ini berpotensi memiliki dampak yang sangat besar baik di bisnis Facebook maupun masyarakat secara keseluruhan, meski kemampuan Facebook untuk bertatapan langsung dengan otak manusia masih sangat lama.

Mike Schroepfer, Chief Technology Officer Facebook dalam perbincangan terpisah menyampaikan usaha Building 8. Pihaknya mengaku bahwa tujuan laboratorium ini tidaklah mudah. Saat ini, tujuan yang paling menekan ialah mengerjakan prototipe dalam 18 bulan untuk sensor otak yang tidak berbahaya.

Sensor ini harus mampu mengeluarkan isi otak ke dalam tulisan dengan kecepatan 100 kata per menit. Setelah itu, Building 8 harus beranjak ke misi selanjutnya untuk menemukan cara memproduksinya secara massal dan untuk menjual sensor tersebut. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response