Erjipat, Komunitas Warga Yang Peduli Terhadap Lingkungan

 

Matamatanews.com, SOKARAJA -Pandemi Covid-19 yang tak berkesudahan menjadi keprihatinan semua pihak. Apalagi ditambah dengan naiknya jumlah orang yang terpapar akibat virus tersebut. Kepedulian semua pihak menjadi kunci utama, baik itu masyarakat maupun pemerintah, terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Slogan slogan anjuran protokol kesehatan pun tak henti hentinya digemborkan, namun semua itu kembali lagi ke kesadaran dan kedisiplinan masyarakat itu sendiri.

Apa yang dilakukan oleh warga RT 1 RW 4 Desa Sokaraja Lor, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas  menjadi salah satu contoh kecil bahwa mereka sadar dengan apa yang terjadi dengan kondisi lingkungannya. Melonjaknya kasus terpapar Covid-19 di Kecamatan Sokaraja menjadi perhatian serius oleh komunitas warga yang tergabung dalam ERJIPAT atau Erte Siji Erwe Papat ini. Dengan kesadaran sendiri berbekal swadaya masyarakat, mereka menggiatkan kembali penyemprotan disinfektan, sosialisasi penggunaaan masker serta 'jogo tonggo'.

Menurut koordinator Erjipat Ismunandar, saat ini perlu digiatkan lagi sosialisasi prokes yang akhir akhir ini mulai mengendor, penyemprotan disinfektan ke rumah rumah warga serta jogo tonggo apabila ada warga yang terkonfirmasi Corona. 

"Kami prihatin dengan meningkatnya kasus covid-19 di Sokaraja. Jangan sampai kasus ini meningkat sehingga mengganggu aktivitas kami sehari hari. Sebenarnya kami telah mengkampayekan prokes sejak tahun lalu salah satunya pemasangan barner, namun akhir akhir ini banyak yang mengabaikan anjuran itu," kata Ois sapaan sehari hari Ismunandar saat penyemprotan disinfektan kepada Matamatanews.com.

Menurutnya, kesadaran masyarakat itu sendiri sebenarnya menjadi kunci utama. Anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan dengan 5 M telah disosialisasikan ke semua warga. Hanya saja kata Ois, masih banyak dijumpai warga yang enggan mengenakan masker saat di luar rumah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Iwan salah satu pengurus RT setempat yang juga penggiat Erjipat ini. Dia merasa prihatin dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Sokaraja, khususnya di desa Sokaraja Lor. Dikatakannya, berbekal informasi yang ia dapat dari musyawarah PPKM Mikro Desa Sokaraja Lor, maka masyarakat perlu memperhatikan hal hal sebagai berikut;

1.Meningkat kembali pola hidup sehat dengan menerapkan 5m,

2.Setiap warga ikut berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran covid- 19 dengan cara segera melaporkan keadaan kesehatan/lingkungan terkait covid 19.

3.Meningkatkan "jogo tonggo", peduli dengan tetangga yang terkonfirmasi Covid-19,

4.Memberlakukan kembali jam malam dan penyekatan jalan di lingkungannya.

"Corona belum selesai, jangan kendor prokesnya," ajaknya. (Hen)

redaksi

No comment

Leave a Response