Erdogan Sebut Afrin Dibawah Kendali Total Turki

Embed video: 

 

Matamatanews.com, TURKI—Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan  bahwa  militer Turki dan Tentara Pembebasan Suriah  (FSA) telah berhasil mengusir milisi Kurdi dan mengambil penuh Pusat Kota Afrin di Suriah Utara pada Minggu 18 Maret 2018 kemarin.

"Pertarungan terus berlanjut di dalam kota, di mana pasukan Turki dan pemberontak yang bersekutu telah menyita beberapa lingkungan," kata Observer, kelompok pemantau untuk Pengawasan Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Seperti dilansir Al Arabiya, pemberontak Pro-Ankara mengatakan bahwa mereka "memasuki kota dari sisi timur dan barat" untuk merebut lingkungan Ashrafieh dan Jamiliyyeh.Sedikitnya lebih dari 1.500  Kurdistan telah terbunuh dalam serangan dua bulan terakhir oleh pasukan Turki dan pemberontak Suriah yang bersekutu  di kantong Kurdi di Afrin, kata Observer.

Sebagian besar dari mereka tewas dalam serangan udara dan tembakan artileri. Dan lebih dari 400 pemberontak pro-Ankara telah terbunuh sejak 20 Januari, kata Observatorium.

Dan pada Minggu,kemarin militer Turki telah mengumumkan mengambil alih secara penuh Pusat Kota Afrin di Suriah Utara.Saat ini para militer Turki dan sekutunya, Tentara Pembebasan Suriah (FSA) tengah melakukan operasi dan pembebasan wilayah Afrin dari ranjau dan bahan peledak lainnya yang sengaja ditanam para teroris.

Dan seperti diketahui sejak 20 Januari lalu Turki melancarkan Operasi ranting Zaitun untuk membasmi teroris PYD/PKK dan Daesh (ISIS) dari Afrin, Suriah. Staf Umum Turki menyatakan bahwa operasi tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut, juga untuk melindungi masyarakat Suriah dari tekanan dan kekejaman teroris. (bar/al arabiya)

sam

No comment

Leave a Response