Erdogan Dampingi Sudan Hingga Sanksi Ekonomi Dicabut

Matamatanews.com, KHARTOUM – Senin (25/12/2017), saat berpidato dalam acara penganugerahan gelar doctor kehormatan bidang hukum dari University of Khartoum, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan pencabutan penuh sanksi ekonomi atas Sudan serta menyatakan bahwa sanksi tersebut telah merugikan negara itu.

“Sanksi tersebut telah merampas masa depan negeri ini,” katanya.

Erdogan kembali menyatakan dukungan terhadap Sudan, yang menerima sanksi ekonomi dari Amerika Serikat.

“Turki akan selalu berdiri berdampingan dengan rakyat Sudan sama seperti sebelumnya, kami akan terus mendukung mereka pada masa depan. Cinta saudara kami, rakyat Sudan membuat kami merasa seperti berada di Istanbul, Negara kami dan bukan di Khartoum,” ungkap Erdogan.

Jumat (06/10/2017), AS memutuskan untuk mencabut sanksi ekonomi atas Sudan yang sudah berlangsung  selama 20 tahun, namun AS masih memasukkan Sudan dalam daftar sebagai negara penaja terorisme.

Sejak kemerdekaan Negara Afrika Utara tersebut pada tahun 1956, lawatan Erdogan ke Sudan merupakan kali pertama Presiden Turki melakukan perjalanan kenegaraan. Pada hari Ahad, Erdogan tiba di Ibu Kota Sudan, Khartoum, perjalanan itupun membawa dirinya ke Chad dan Tunisia. [Did/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response