Efek Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan waktu lebih lama pada smartphone terutama selama jam tidur, akan mengalami waktu tidur yang lebih sedikit. Selain itu, tidak menjadi tidak efesien dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlelap dan tidur.

Para peneliti dari University of California dan King’s College London mengatakan smartphone dan komputer tablet jika dipakai dekat dengan waktu tidur akan mengganggu pola tidur. Penelitian-penelitian sebelumnya membuktikan bahwa pola tidur yang buruk akan menyebabkan masalah medis yang serius dan berakibat fatal seperti obesitas, diabetes, sakit jantung dan depresi klinis.

Seperti yang dikutip dari Scientific American,”Jenis cahaya berwarna biru yang berasal dari layar smartphone akan memberikan efek negatif pada waktu tidur, karena cahaya biru dapat mempengaruhi kadar hormon melatonin yang menginduksi tidur lebih banyak dari pada gelombang lainnya”.

Studi yang dilakukan oleh University of California mengamati 653 orang dewasa dangan rentan waktu selama 30 hari. Mereka mengamati waktu dan durasi orang-orang melihat layar smartphone kemudian durasi dan kualitas tidur mereka juga diamati. Hasilnya, penggunaan layar yang lebih lama pada tempat tidur dapat memberikan dampak yang buruk pada kualitas tidur dan waktu tidur akan lebih sebentar.

Sementara itu, kajian yang dilakukan oleh King’s College London menemukan bahwa kehadiran alat elektronik yang dihubungkan dengan internet yang terdapat di kamar tidur anak dapat mempengaruhi siklus tidur mereka. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response