Duterte Berburu 1000 Pejabat Negara Terkait Narkoba

 

Matamatanews.com,MANILA---Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, setidaknya telah mengantongi 1000 nama pejabat negara yang diduga terlibat peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang. Para pejabat tersebut diantaranya Polisi, Hakim, Tokoh Masyarakat, Gubernur, Wali kota dan Anggota Kongres.

Seperti yang dilansir situs Manilatimes, Jumat 16 September 2016, saat berada di Markas Pasukan Khusus Scout Rangers di Camp Tecson, Duterte mengatakan akan mempublikasi daftar-daftar nama tersebut setelah dilakukan pemeriksaan oleh PDEA (Philippines Drug Enforcement Agency) dan NICA (The National Intelligence Coordinating Agency).

”Jika dia polisi maka harus di pecat, jika dia pejabat maka pengawalnya harus dicopot, dan jika dia hakim maka ia harus mengakui secepatnya pada Mahkamah Agung dalam kurun waktu kurang dari 24 jam”, tegas Duterte. Ia telah mengungkap lebih dari 150 pejabat pemerintah yang terlibat kasus narkoba dan kriminalitas. Ia juga berhasil mengungkap sindikat perdagangan narkoba di dalam penjara New Bilibid.

Langkah yang diambil Duterte sampai saat ini telah menjadi peringatan untuk para pejabat korup untuk menghadapi hari perhitungan. Hal tersebut di buktikan berkat laporan kepolisian Filipina, sebanyak 1.916 orang tewas dieksekusi sejak Duterte di angkat menjadi Presiden. Artinya sekitar 36 orang tewas per hari akibat tertangkap mengedarkan narkoba. (atep/berbagai sumber).

sam

No comment

Leave a Response