Duta Besar Rusia Untuk PBB Tutup Usia

 

Matamatanews.com, NEW YORK – Vitaly Churkin, Duta Besar Rusia untuk PBB meninggal dunia di usia ke-64 di New York, Amerika Serikat. Ia mengalami serangan jantung di kantor perwakilan Rusia, Senin (20/02/2017) waktu setempat. Kemudian, ia di larikan ke rumah sakit namun tidak terselamatkan.

Menurut keterangan yang dirilis CNN, Presiden Vladimir Putin mengungkapkan rasa simpati kepada teman-teman, keluarga, serta staf Kementerian Luar Negeri Rusia.

“Sang diplomat hebat Rusia meninggal dunia ketika bertugas.” ungkap Kementerian Luar Negeri

 Anggota Majelis Umum PBB berdiri mengheningkan cipta sejenak mengenang salah satu rekannya itu.

“Kami kehilangan salah satu anggota paling berpengaruh dan dihormati di keluarga PBB. Saya dapat mengatakan dengan yakin, namanya akan dikenang dalam sejarah organisasi ini. Churkin akan diingat atas kepintaran, kemampuan diplomatisnya, selera humornya dan juga kepeduliannya terhadap orang lain,” ujar Presiden Majelis Umum, Peter Thomson.

“Tidak hanya Rusia yang merasa kehilangan salah satu anak bangsa paling setia, tapi kami juga di PBB, merasakannya,” tambah Thomson.

Churkin kerap berselisih paham dengan perwakilan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Sementara Cina kerap mengikuti arah suara Rusia. Dalam satu dekade terakhir, Churkin menjadi orang yang mengajukan veto untuk berbagai resolusi, seperti krisi Suriah hingga insiden pesawat Malaysia di Ukraina timur. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response