Dumai, Dukung Dan Berperan Dalam Pembentukan Provinsi Riau Pesisir

 

Matamatanews.com, DUMAI - Tindaklanjut dari pembahasan oleh beberapa perwakilan Seniman, Budayawan, Pemuda, LMS, dan Tokoh-tokoh terkemuka Riau, terkait Rencana Pembentukan Riau Pesisir, Kota Dumai bertekad membentuk "KOMITE KERJA PENDUKUNG PERENCANAAN PEMBENTUKAN RIAU PESISIR". Komite ini diresmikan pada hari Kamis (08/10/2020) di Ballroom Cititell Hotel Dumai, berlangsung dari pukul 09.15 WIB s/d selesai.

Tokoh Cendikia Muda Kota Dumai Ismail Azis mengatakan, ini merupakan wujud kepedulian terhadap negeri. Dia berharap kiprah dan tekad yang digelar dengan tajuk " PEMANTAPAN DAN PECEPATAN PEMBENTUKAN RIAU PESISIR, DUMAI SEBAGAI PINTU GERBANG DUNIA " dan pembentukan "KOMITE PEKERJA PEMBENTUKAN RIAU PESISIR KOTA DUMAI" sebagai tugas dan amanat masyarakat pesisir, khususnya Kota Dumai. 

"Menyatu padukan kekuatan ke Tim Terpadu wacana pembentukan daerah otonomi baru yakni BP3-RP (Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Riau Pesisir). Inilah bentuk kepedulian kita terhadap negeri yang kita cintai ini. Sekali layar terkembang pantang surut dan bermundur, sekali kita berkumandang itulah yang akan kita perjuangkan, " ungkapnya.

Seperti diketahui wacana Riau Pesisir ini telah lama direncanakan dan disusun oleh tokoh-tokoh ternama Provinsi Riau, salah seorang diantaranya Drs. H. Annas Maamun (Mantan Gubenur Riau) yang menjadi penggagas utama Riau Pesisir. Sampai saat ini ia masih aktif bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh daerah yang menginginkan terciptanya Riau Pesisir. Mereka berasal dari Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rohil, Kabupaten Meranti, Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

Namun demikian Sekjen Wasiat Riau sekaligus Tokoh Pemikir Riau Ahmad Rifai mengingatkan, dalam situasi saat ini setiap daerah akan menghadapi Pilkada Serentak se-Indonesia di ditengah situasi Pandemi Covid-19. Yang lebih hangat pro kontra UU Cipta Karya, akankah membuahkan hasil yang maksimal dan terbaik. 

"Apakah hal itu tidak menambah benang kusut untuk saat ini. Sedangkan pembahasan pemekaran wilayah Tapanuli Selatan (TAPSEL) sampai saat ini juga belum selesai. Jangan gegabah dan pikirkan matang-matang kembali, " serunya. (Abidin/Javi)

 

redaksi

No comment

Leave a Response