Dugaan Serangan Kimia Dalam Konflik Suriah

 

Matamatanews.com, SURIAH – Serangan kimia yang menewaskan 58 orang di sebalah barat daya Suriah, dinyakini Gedung Putih merupakan ulah dari Presiden Bashar al-Assad. Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson mengatakan tindakan tersebut sebagai tindakan yang brutal dan barbar. “Jelas bahwa beginilah Bashar al-Assad melakukan operasinya dengan brutal dan barbarisme yang tidak tahu malu”, terang Tillerson.

PBB, pemerintah Perancis, Inggris dan beberapa negara lain ikut serta mengecam serangan tersebut jika terbukti menggunakan senjata kimia sepanjang konflik yang bergejolak di Suriah. Dewan Keamanan PBB hari rabu (5/4/2017) akan menggelar sidang darurat guna membahas dugaan tersebut.

Hasil laporan-laporan dari Suriah Utara menyebutkan setidaknya 58 orang meninggal dunia akibat serangan yang dicurigai menggunakan senjata kimia di provinsi Idlib. Sementara itu, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengatakan orang-orang sipil yang banyak menjadi korban dari serangan udara yang dilancarkan.

SOHR yang mengutip dari sumber-sumber medis yang berada di Khan Sheikhoun mengatakan 11 anak meninggal dunia, sedangkan yang lainnya mengalami muntah-muntah, pingsan dan mengeluarkan busa dari mulut akibat diduga terpapar senjata kimia. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response