Dubes Cina Untuk Israel Ditemukan Tak Bernyawa di Apartemennya

Matamatanews.com, TEL AVIV—Duta Besar Cina untuk Israel Du Wei ditemukan tak bernyawa di apartemennya di wilayah pinggiran Tel Aviv, pada hari Minggu (17/5/2020). Kepolisian setempat kini tengah melakukan penyelidikan terkait penyab kematiannya. Seperti dilansir  media lokal Israel Haaretz Daily,  sang duta besar ditemukan tak bernyawa di atas sebuah tempat tidur di apartemennya.

Pihak keamanan Isarel menduga   Du Wei (58) tewas saat sedang tidur.Laporan awal menyebutkan bahwa Wei ditemukan tewas oleh stafnya. Tidak ditemukan ada tanda-tanda kekerasan di tubuhnya.

Layanan pertolongan pertama Magen David Adom mengatakan bahwa penyebab kematian Wei diduga kuat terkait dengan masalah organ jantung.

Jumat kemarin, Kedubes China di Israel merespons kritikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo terhadap China. Pompeo, yang mengunjungi Israel pekan kemarin, menuding China sengaja menyembunyikan informasi seputar covid-19.

Beijing menegaskan tudingan semacam itu merupakan sesuatu yang “absurd.”

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Makor Rishon pada April lalu, Wei mengaku terbang ke Israel pada pertengahan Februari usai menerima posisi dubes. Ia belum sempat bertemu presiden Israel karena terkendala pandemi covid-19.

Wei mengekspresikan harapannya untuk memperkuat hubungan antara China dan Israel.

“China adalah negara patuh hukum dan bertanggung jawab dan layak dipercaya,” ujar Wei.

“Dalam sejarah umat manusia, sejumlah orang telah dituding menyebarkan wabah. Tudingan semacam itu seharusnya dikecam. Penyakit ini adalah musuh seluruh umat manusia, dan dunia harus memerangi bersama-sama,” lanjut dia.

Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, total kasus covid-19 di Israel mencapai angka 16.608 dengan 268 kematian dan 12.855 pasien sembuh. (cam/ berbagai sumber)

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response