Dua Tim Unsoed Juara 1 Lomba Celebes Geo Summit 2021

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Celebes Geo Summit 2021 (CGS 2021) merupakan salah satu kegiatan besar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geologi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar sebagai bentuk perwujudan dari salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan. Adapun tujuannya yaitu menambah wawasan tentang keilmuan geologi, menumbuhkan potensi dari anggota dengan kompetisi yang dapat membentuk wawasan dan softskill anggota, serta menjalin hubungan antar mahasiswa geosains se-Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. usai perbincangannya dengan Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed Ir.Siswandi,ST.,MT.,IPP. dan Dr.Indra Permanajati,ST.,MT. 

Ir. Siswandi,ST.,MT.,IPP. yang juga Kepala Pusat Mitigasi Bencana LPPM Unsoed mengatakan bahwa dua Tim dari Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsoed berhasil menorehkan juara pada perlombaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Geologi Universitas Hasanuddin dalam ajang  Celebes Geo Summit (CGS) di tahun 2021. Tema yang diusung kata Siswandi adalah “Geo-Environment for Natural Resource Management Towards Golden Indonesia”.

Nama nama mahasiswa yang berprestasi tersebut adalah :

1. Juara 1 Geology Smart Student Competition :

a. Ezza Ray Raditya Prasetyo (H1C018002)

b. Idham Khaliq Yudhistira (H1C08051)

c. Kasih Septiani (H1C08031),

2. Juara 1 Video Competition Celebes Geo Summit :

a. Dhofaeri Wildan (H1C018011)

b. Annisa Helly Suranda (H1C018029)

c. M. Falih Hikmatullah (H1C018052).

Sementara Dr.Indra Permanajati,ST.,MT. menjelaskan  bahwa lomba tersebut diikuti oleh beberapa Universitas di  Indonesia, diantaranya: ITB, UGM, UNPAD, UI, Universitas Pertamina, UNHAS, UNMUL, USK, dan Unsoed.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 26 September 2021 dengan beberapa item kegiatan terdiri dari Paper Competition, Gemstone, Video Competition, Desa Binaan, Geotourism dan Celebes Night," katanya.

Hari pertama pembukaan CGS 2021, dilanjutkan dengan talkshow dan webinar. Di hari kedua dilaksanakan Competition Day yang terbagi atas 2 cabang perlomba, yaitu: Paper Competition dan Gemstone (Geology Smart Student). Hari ketiga diisi  Launching Desa Binaan dan Pemeriksaan Kesehatan. Hari terakhir dilakukan aksi Bakti Sosial, Outbond, dan Malam Sejuta Bintang (Celebes Night).

Indra Permanajati menambahkan bahwa Tahapan dari Geology Smart Student Competition (Gemstone) diikuti oleh 11 tim, melalui babak penyisihan, semi final, dan final. 

"Pada tahap final Unsoed memperoleh 120 point,” ujar Ezza, salah satu pemenang, Sabtu (2/10).

Sementara untuk lomba video competition Annisa Helly Suranda mengatakan  bahwa Lomba video Celebes tahun ini mengangkat tema “The Art of Geology”.

"Tim kami mencoba mengulik Goa Lawa yang ada di Purbalingga. Kami melakukan shooting menggunakan bantuan drone dan kamera. Kemudian kami juga menambahkan informasi terkait geologi di dalam video nya,” ujarnya.

Dia berharap prestasi yang diraih ini dapat menjadi motivasi dan menginspirasi teman teman mahasiswa yang lain, terutama di kalangan Teknik Geologi FT Unsoed. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response