Dua Ormas Sepakat Berdamai Di Polres Banyumas

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Ruang Rekonfu Polres Banyumas , Jawa Tengah, Senin ( 10/9/2018 ) kemarin terlihat ramai oleh kehadiran dua ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia ( GMBI)  distrik Banyumas. Kedatangan kedua ormas  tersebut dalam rangka membahas persoalan yang tengah dihadapi belakangan ini. Ada sekitar 150 orang ikut dalam acara tersebut baik dari perwakilan kedua ormas, Polri,  TNI dan Pemda  Banyumas.

Acara yang dimulai pada pukul 13.30 dan berakhir pada pukul 17.22 WIB itu dihadiri oleh Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, SSos, MMs,  Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, SIK,  Kabagsumda Polres Banyumas Kompol Mugiman,  Kasat Intelkam Polres Banyumas AKP Sulistyo Dwi Cahyono, SH,  Pasi Intel Kodim 0701/Banyumas Kapt CHB Kamiyono,  Kasi Ketahanan Seni Budaya Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan Subardi, SH,  Danramil 01/ Purwokerto Utara Kapt Inf P Putut Widodo,  Para Kapolsek se Banyumas,  Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyumas Yudho F Sudiro,  Ketua GMBI Banyumas Abdul Hakim,  Panop MPC PP Banyumas Horo,  Sekretaris GMBI Banyumas Satya Fista Arjuna,  Divisi Investigasi GMBI distrik Banyumas Heru Widiatmoko,  perwakilan MPC PP se Banyumas,  dan Anggota GMBI Banyumas.

Dalam sambutannya Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, SIK menyatakan bahwa Banyumas saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat serta mempunyai budaya yang luar biasa.  Sudah saatnya bersama sama untuk saling menjaga. 

" Satu tahun saya menjabat di sini saya berusaha untuk menciptakan situsasi yang kondusif,  kita tinggal di satu rumah dan berharap mampu menyelesaikan sendiri konflik yang terjadi, " kata Bambang. "Di wilayah ini bukan hanya ormas PP dan GMBI saja,  tetapi ada masyarakat sosial.yang hidup di sekitar kita, dan kehadiran kalian di sini hanya niat baik yang bisa dikomunikasikan, " tegasnya. " Mari kita sama-sama menjaganya,  bahwasanya damai itu indah, " pesan Kapolres.

Sementara itu Ketua MPC PP Banyumas  Yudho F Sudiro juga menyampaikan permasalahannya.  Menurutnya Banyumas adalah barometer.  sehingga kita upayakan tetap pada situasi yang kondusif walaupun timbul permasalahan harus diselesaikan dengan kepala dingin. " Apa yang terjadi di Purbalingga jangan sampai terjadi pula di Banyumas. " kata Yudho.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua GMBI Banyumas Abdul hakim. Dia berpendapat,   bahwa GMBI ikut menciptakan kedamaian tanpa adanya gesekan dengan ormas lain. " Kami selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan di wilayah Banyumas, " imbuhnya.

Sementara itu Dandim 0701/ Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, SSos, MMs meminta agar kedua ormas PP dan GMBI tetap rukun.  " Jangan mempermalukan saya,  semua untuk kepentingan bersama bukan kelompok.  Semua permasalahan mohon disampaikan ke bawah dan diselesaikan dengan baik, " tegasnya. Di akhir acara kedua ormas saling menandatangani kesepakatan damai, dan apabila terjadi pelanggaran pihak Polri siap untuk menindaklanjuti. (jaka, hendro)

 

sam

No comment

Leave a Response