Dua Nama Besar Bermanuver Sebagai Calon Kuat Pengganti Panglima TNI

 

Matamatanews.com, JAKARTA - Menjelang  masa purna tugas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada akhir 2021 mendatang , dua nama besar tengah bermanuver sebagai calon kuat,  mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa Dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono. Sedangkan  nama Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo dinilai berpeluang tipis lantaran berasal dari matra yang sama dengan Panglima TNI sekarang.

Artinya, jika pilihan itu jatuh pada Kasal maka dia orang ke tiga dari matra laut menjadi Panglima TNI setelah Laksamana (Purn) Widodo Adi Sutjipto dan Laksamana (Purn) Agus Suhartono. Sebaliknya, jika dari Angkatan Darat kursi Panglima TNI, maka Jenderal Andika orang ke 13.  

Seorang sumber yang mengetahui manuver Jenderal Andika  bercerita bahwa Mantan Pangdam XII/Tanjungpura itu memperkuat tim komunikasi Angkatan Darat. Tugasnya adalah menyebarkan informasi baik berupa foto, video mengenai aktivitas dan kegiatan sehari hari sang Kasad.

"Pak Andika memiliki pemahaman konsep Akademik Militer yang kuat," ujar Andi Widjajanto Analis Utama politik Dan Keamanan Laboratorium Indonesia 2045 yang dikutip dari Majalah Tempo edisi 12 Juni 2021.

Di sisi lain Laksamana Yudo disebut bermanuver  dengan cara mendekati para seniornya di Angkatan Laut misalnya mantan Kasal Laksamana (Purn) Bernard Kent Sondakh. Dia bercerita Yudo bersama istri berkunjung ke rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Ahad 23 Mei lalu.

Harapannya, siapapun dari matra apapun itulah pilihan yang akan membawa perubahan dan kekuatan militer kita kedepan untuk Indonesia yang lebih disegani, Insyaa Allah. (A.Hari S/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response