Dosen Unsoed Kembali Raih Gelar Doktor

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO - Menamatkan pendidikan hingga mengantongi gelar doktor, merupakan impian banyak orang. Salah satu di antaranya adalah dosen Unsoed bernama Dr.Abdul Rohman,M.Ag.

Abdul Rohman adalah dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Fakultas ISIP, Hukum, Kedokteran Unsoed dan di Prodi Farmasi FIKes dan Sastra Jepang FIB Unsoed. 

Judul penelitian sekaligus judul disertasi Abdul Rohman adalah Konstruksi Fikih Tasamuh dalam Pespektif Sosiologis Pada Kelompok Keagamaan Dalam Islam di Kabupaten Banyumas.

Tujuan dari penelitian ini kata Abdul Rohman adalah ingin merumuskan konstruksi model fikih tasamuh kelompok keagamaan dalam Islam bersperspektif sosiologis, membangun interaksi sosial pada kelompok keagamaan Islam yang didasarkan pada fikih. 

"Sebagai hasil ijtihad para fukaha, fikih lebih bersifat fleksibel dalam kajian terhadap persoalan-persoalan sosial. Ia tidak akan melepas diri dari keberadaan dan perkembangan dinamika masyarakat," katanya.

Abdul Rohman mengatakan bahwa bertindak sebagai Promotor, Co-Promotor, dan Dewan Penguji pada ujian yang dilaksanakan di ruang ujian Pascasarjana UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto pada hari Selasa, 16 November 2021 yaitu, Promotor: Prof.Dr.Abdul Basit,M.Ag. (Dekan Fakultas Dakwah UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto) dan Co-Promotor: Prof.Dr.Ridwan,M.Ag. (Wakil Rektor 2 UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto). 

Adapun Dewan Penguji, terdiri dari: Dr.H.Moh. Roqib,M.Ag. (Rektor UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto), Dr.H.A.Luthfi Hamidi,M.Ag. (Ketua Program Studi S3 Pascasarjana UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto), Prof.Dr.H.Abdul Basit,M.Ag. (Dekan Fakultas Dakwah UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto), Prof.Dr.H.Ridwan,M.Ag. (Wakil Raktor 2 UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto), Prof.Dr.H.Sunhaji,M.Ag. (Direktur Program Pascasarjana UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto), Prof.Dr.Nur Syam,M.Si. (Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya), Prof. Dr.Phil.H.M.Nurkholis Setiawan,MA. (Guru Besar UIN Prof.KH.Saifuddin Zuhri, Purwokerto), dan Dr.H.Rohmad, M.Pd. (Ketua LPM UIN Prof.KH.Saifuddin Zuhri, Purwokerto).

"Saat ujian, hadir diantaranya para akademisi dari beberapa fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman, para wakil ormas keagamaan yang ada di Kabupaten Banyumas, Mahasiswa S3 Program Pascasarjana UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri, Purwokerto, dan keluarga. Ujian ini juga disiarkan via Zoom," kata Abdul Rohman. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response