Diterjang Banjir, Jembatan Desa Lilangan Membahayakan Warga

 

Matamatanews.com, BELITUNG – Banjir yang menenggelamkan ratusan rumah warga di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kep. Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu meninggalkan kerusakaan dimana-mana. Salah satunya jembatan yang menghubungkan antara Kecamatan Gantung menuju Kecamatan Simpang Pesak, yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Sabtu (29/07/2017), dari pantauan dilapangan, jalur yang menghubungkan ke Kabupaten Belitung tepatnya di Desa Lilangan, kecamatan Gantung terlihat sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

Salah seorang warga yang berada disekitar mengatakan, “Untuk sementara kami amankan dengan timbunan karung, karena penghubung antara jembatan ini sudah berlubang. Dan memang kalau kita lihat kondisi yang seperti ini cukup berbahaya,” ujarnya.

“Kami sangat khawatir melihat kondisi jembatan seperti ini, makanya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja, dan untuk roda empat sebenarnya cukup berbahaya,” ungkap warga tersebut.

Saat ditanya apakah ada jalur lain untuk melintas ke Kecamatan Simpang Pesak, warga tersebut mengatakan, “ada, jalur satu-satunya untuk melintas ke seberang sini melalui jalan trans Lilangan, masuk dari Desa Limbungan, keluarnya bisa juga didepan kantor Babinsa, Desa Lilangan,” tandasnya.

Sementara itu, seorang aktivis daerah setempat, Sukardi mengatakan, “Jembatan ini sangat berbahaya, bagi pengendara roda dua maupun roda empat. Seharusnya pihak pemerintah Belitung Timur tanggap dan bertindak cepat, jangan menunggu setelah ada kecelakaan baru bertindak, kemudian mana pengusaha-pengusaha timah yang selama ini diduga banyak merusak hutan, kok tidak ada gaungnya, coba tolong bantu jembatan Lilangan diperbaiki sementara yang penting hasilnya kuat, sambil menunggu proyek pemerintah dilaksanakan,” ungkap Sukardi. (Marsidi Sidik/Ali Hasmara)

sam

No comment

Leave a Response