Disperindagkop UKM Banjarnegara Luncurkan SIPINTER-APIK Pantau Harga Kepokmas Lebih Mudah

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA –Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Banjarnegara meluncurkan aplikasi “SIPINTER-APIK” (Sistem Informasi Perdagangan Terintegrasi-Akurat, Praktis, Informatif, dan Kekinian).

Launching Aplikasi SIPINTER-APIK” bertempat diikuti oleh Para Kepala Dinas-Badan, para Kepala Bagian di Lingkungan Setda, para Camat, Lurah, dan Kades, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Ketua KADIN, HIPMI, Paguyuban Pedagang, paguyuban UMKM dan Komunitas Ekraf, bertempat di Sasana Andhi Praja lt.3 Setda Banjarnegara, Rabu (1/9/2021).

Hadir pula Ketua STIE Taman Siswa Banjarnegara dan Direktur Politeknik Banjarnegara, mewakili unsur akademisi. Selaku leading sector adalah Disperindagkop UKM Banjarnegara. Launching Aplikasi Sipinter-Apik dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi zoom sebagai upaya dalam pelaksanaan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Plt. Kepala Disperindagkop UKM Banjarnegara, M. Iqbal SE, melalui Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Suroso SSTP, M. Si, menjelaskan, aplikasi SIPINTER-APIK diwujudkan untuk membantu proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, guna mempercepat proses pengambilan keputusan khususnya di bidang perdagangan.

“Aplikasi ini lahir dilatarbelakangi adanya beberapa isu strategis, salah satunya adalah belum tersedianya data harga kebutuhan pokok masyarakat atau kepokmas yang akurat dan realtime. Hal ini karena lamanya proses pengumpulan data secara manual, serta jauhnya jarak antara dinas dengan pasar, dan jarak pasar satu dengan pasar lainnya yang memakan banyak waktu dan biaya,” terang Suroso, yang membidani aplikasi ini.

Padahal, lanjut Suroso, data tersebut sangat diperlukan oleh Pemerintah Daerah karena dapat mengambil kebijakan dari suatu keputusan. 

"Dibutuhkan ketersediaan data yang akurat dan cepat serta realtime, sehingga diperlukan inovasi berupa penerapan aplikasi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pemantauan harga kepokmas di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Banjarnegara," katanya.

“Dengan Aplikasi ini, perangkat daerah, pemangku kepentingan dan masyarakat dapat mengakses langsung data-data tersebut secara detail dan komprehensif melalui website pemerintah Kabupaten Banjarnegara maupun dengan mengunduh di handphone,” sambungnya.

Sementara itu Bupati Banjarnegara dalam sambutan tertulisnya mengatakan, percepatan pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik perlu melakukan reformasi birokrasi di seluruh tingkatan termasuk OPD. Mereformasi birokrasi, perlu menata ulang tataran proses dengan melakukan terobosan baru secara bertahap, konkret, realistis, berfikir di luar rutinitas, merubah paradigma, dan dengan upaya yang luar biasa. 

“Untuk itu kami memberikan apresiasi dan sangat mendukung atas inovasi pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Harga Kepokmas secara digital menggunakan aplikasi “Sipinter-Apik” karena hasil dari kegiatan ini sangat kami perlukan dalam proses pengambilan kebijakan pemerintah daerah dalam urusan perdagangan. Insyaa Alloh akan sangat bermanfaat sebagai sumber informasi harga kepokmas bagi masyarakat Banjarnegara,” sambutnya.(One/Jof/mjawi)

redaksi

No comment

Leave a Response