Diprediksi Puncak Kemacetan Mudik H2 Hari Raya

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Gelombang arus mudik yang terus berlangsung hingga tadi malam,tampaknya akan terus berlanjut hingga  H 2 Hari Raya Idul Fitri atau Jum’at (23/6/2017) hari ini. Ribuan kendaraan  terpantau memadati jalur utama pantai utara (pantura) dan selatan Jawa pada Kamis (22/6/2017) kemarin dan pergerakan pemudik dengan menggunakan kendaraan umun dari Ibu Kota diprediksi akan mengalami peningkatan hari ini.

Kamis kemarin,simpul kemacetan  pada H 4 kemarin antara lain terjadi di tol Cikopo-palimanan (Cipali),exit tol Brebes Timur (Brexit), dan Pantura Batang, Jawa Tengah. Antrean panjang mencapai 15 kilometer. Hal serupa juga terjadi di jalur Nagrek, Kabupaten Bandung menuju Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Kemacetan arus mudik kendaraan diprediksi banyak pihak akan terjadi pada Jum’at malam ini,terutama di gerbang Cikarang, jalur utama Cipali,jalur Nagrek ,Palimanan serta tol  Kaligangsa yang mengarah ke jalan tol darurat Brebes –Gringsing, Jawa Tengah.

Meski sejak Kamis malam ,pukul 22.00 WIB dan 12.00 WIB hingga pagi peningkatan pemudik mulai tampak di  tol Jakarta – Cikampek ruas Halim- Cikarang namun seluruhnya masih berjalan lancar dan kondusif. Seperti belajar dari kemacetan tahun lalu, tahun ini tampaknya pemerintah lebih siap menghadapi arus mudik dan arus balik.

Presiden Joko Widodo sendiri meminta penanganan arus mudik harus benar-benar terintegrasi antarinstansi maupun lembaga,terutama antara Polri,TNI,kementerian perhubungan,Kementerian PUPR,Kementerian ESDM, dan Kementerian BUMN. Presiden juga meminta,aga masing-masing instansi mengesampingkan ego esktoral. Hal itu disampaikan presiden dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (22/6/2017) kemarin. (samar)

sam

No comment

Leave a Response